Gapura Garut ,-Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi, mengatakan  lima parpol yang sudah melengkapi berkas dan mendaftarkan partainya antara lain Partai Perindo, PSI, Nasdem, PKS, dan Partai Berkarya. Sementara tiga parpol yang sudah mendatangi KPU namun belum melengkapi berkas yakni PDI, Gerindra, dan Garuda.

“Besok (hari ini) sepertinya semua partai yang belum menyerahkan berkas akan datang. Soalnya besok (hari ini) terakhir penyerahan berkas. Waktunya sampai pukul 24.00 untuk melengkapi,” Kata  Hilwan, Minggu (15/10).

Menurutnya di Kabupaten Garut ada 18 parpol yang sudah berkoordinasi untuk penyerahan berkas. Kemungkinan di hari terakhir penyerahan berkas, parpol akan mendatangi Kpu.

“Kalau tak menyerahkan berkas, berarti tak mendaftarkan partainya di Garut. Nanti kan diverifikasi lagi di tingkat pusat,” katanya.

Ia menambahkan tiga partai yang sudah mendaftar namun perlu perbaikan karena data yang ada di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) tak sama dengan berkas yang dibawa parpol. Setiap partai pun harus mendaftarkan anggotanya sebanyak 1.000 atau 1/1.000.

“Untuk tahap pertana baru jumlah anggota saja. Setelah ini mulai masuk ke verifikasi lanjutan. Seperti data anggota dan harus sesuai dengan eKTP dan KTA (kartu tanda anggota),” ujarnya.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang