IMG-20171026-WA0021 SOSIAL POLITIK  Prajurit Raider 323 Banjar Bekali Kemampuan Jelang Tugas ke Papua
Gapura Ciamis , – Menjelang keberangkatan yang tidak kurang dari 2 bulan lagi,  Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP terus meningkatkan kemampuan prajuritnya dengan berbagai materi latihan yang berkaitan dengan fungsi TNI untuk pembinaan teritorial di wilayah Papua nantinya. 

Divisi Infanteri 1 Kostrad menyelenggarakan latihan pratugas bagi Yonif Raider 323/BP di wilayah Pamarican dan Banjarsari Kabupaten Ciamis selama 12 hari mulai tanggal 17 Oktober 2017.
“Latihan pratugas ini meliputi berbagai macam kegiatan dibidang intelijen, operasi, dan teritorial. Sesuai dengan esensi penugasan pengamanan perbatasan, yakni penugasan yang menggabungkan fungsi-fungsi TNI dalam bidang pertempuran yang berkolaborasi dengan informasi intelijen dan pembinaan teritorial,” ujar Danyonif 323 Raider/ BP, Letkol Agust Jovan Latuconsin disela-sela kegiatan, Kamis (26/10/2017).

Ia menambahkan, materi latihan tersebut antara lain kemampuan penanganan masalah sosial, sweeping, pemeriksaan pelintas batas, patroli keamanan, pengecekan patok perbatasan, kemampuan tenaga pengajar, pemberdayaan ekonomi mikro masyarakat, pengobatan massal, dan karya bakti.

Selain itu, yang menjadi inovasi dari Satgas sebelumnya, Yonif Raider 323/BP membuat terobosan dengan memodifikasi truk Angkut Personilnya menjadi sebuah “Truk Pintar” yang multi fungsi. 

“Selain fungsi utamanya sebagai kendaraan angkut personil, truk ini dapat membawa ratusan buku bacaan yang dapat disajikan ke sekolah-sekolah sebagai perpustakaan keliling. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan alat elektronik yang dapat digunakan sebagai bioskop berjalan untuk memutar beraneka film dan video.

“Personil yang mengawaki kendaraan ini juga sudah dilatihkan sebagai pengajar apabila truk ini singgah di sekolah-sekolah wilayah Papua nantinya,” imbuhnya.

Sebelum menginjak tanah Papua saat tugas nanti, bermacam kegiatan dalam latihan pratugas juga sudah dirasakan manfaat dan pengaruh positifnya bagi masyarakat di sekitar daerah latihan.

“Alhamdulillah,  masyarakat Ciamis sangat antusias dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan kami selama latihan,” pungkasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang