20170421143522_IMG_8984-300x169 SOSIAL POLITIK  Garut Serahkan 493 Unit Rumah Bantuan Program BSPS

Bupati Garut Rudy Gunawan sedang menandatangani prasasti proyek pembangunan yang didanai APBD Garut, foto yogi

Gapura Garut ,- Bupati Garut H. Rudy Gunawan menyerahkan 493 unit rumah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) reguler kepada masyarakat yang tersebar di beberapa kecamatan diantaranya Kecamatan Peundeuy, Singajaya, Cisompet, Banjarwangi dan Kecamatan Caringin, baru-baru ini.

Secara simbolis, bupati Garut menyerahkan bantuan tersebut pada acara penyerahan BSPS di Desa Saribakti Kecamatan Peundeuy. Turut hadir Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Aah Anwar, sesepuh Pondok Pesantren At-Taufiq, Ketua MUI Kecamatan Peundeuy,  termasuk  Camat Cisompet,  Camat Singajaya dan masyarakat Desa Saribakti.

Bupati dalam kesempatan tersebut berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dalam kepemilikan rumah sehingga jumlah rumah tidak layak huni (rutilahu) berkurang. Menurut  Rudy, Pemkab Garut hingga 2017 ini telah membangun 6.700 unit dari target 10 ribu unit seperti diamanatkan dalam RPJMD.

BSPS yang lebih dikenal dengan program bedah rumah merupakan program yang digagas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan.

Pemprov Jabar sendiri kini berupaya mengejar target pembangunan 100 ribu unit rutilahu sampai 2018 mendatang. Sejumlah rutilahu itu merupakan gabungan program bantuan Pemprov Jabar, pemerintah pusat, dan kabupaten-kota.

Pemprov Jabar sudah membangun 60 ribu rutilahu, walaupun seharusnya 70 sampai 80 ribu rutilahu. Hal ini disebabkan karena tertahan Undang-Undang 23/2014, dua tahun lalu.

Tahun 2018,  Pemprov Jabar bisa membangun rutilahu sebanyak 20 ribu unit. Sedangkan pemerintah pusat rencananya akan membangun 10 ribu unit.

Pembangunan rutilahu warga kurang mampu ini sebetulnya tidak sepenuhnya dibiayai pemerintah. Namun dibantu juga oleh masyarakat sekitar warga penerima manfaat secara swadaya.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang