mediacenter3-300x165 SOSIAL POLITIK  Forum Komunikasi KIM Kabupaten Garut Segera Terbentuk

Kepala Dinas Kiminfo Kabupaten Garut saat menerima para siswa berprestasi, foto dok

Gapura Garut ,- Kehadiran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Garut sudah sejak lama tumbuh dan berkembang secara alamiah sebagai kelompok mandiri dan proaktif dalam bidang pengelolaan Informasi masyarakat meskipun secara legitimasi masih belum dikukuhkan oleh lembaga berwenang.

“Keberadaan kelompok-kelompok informasi masyarakat ini memang sejak lama tumbuh subur karena memang mereka berdiri dan hadir secara alamaih. ada yang bergerak dari pendekatan kelompok seni, ada juga dari kelompok amatir radio, ada juga dari relawan-relawan informasi lainnya,”kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Garut Nurdin Yana, Senin (15/1/2018) saat melaporkan perkembangan KIM kepada wakil Bupati Garut Helmi Budiman.

Nurdi mengakui sejauh ini Kabupaten Garut segera membentuk Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK KIM) Kabupaten Garut.

“Semuanya sedang berproses dan alhamdulillah Pak Bupati melalui Pak Wakil Bupati sangat merespon dengan kehadiran FK KIM Garut ini. Beliau meminta agar KIM terus didorong sehingga indikator keberhasilan Pemerintah bidang Informasi tercapai karena salah satu indikatornya adalah terbentyknya KIM yang benar-banar mandiri,”ungkapnya.

Ditempat yang sama Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyampaikan apresiasinya dan mendukung juga siap mensuport penuh FK KIM Kabupatan Garut khususnya dan perkembangan KIM yang berkembang di berbagai pelosok di Kabupaten Garut.

“Jelas pemerintah harus mensuportnya karena ini penting dalam indikator keberhasilan pembangunan Pemerintah Daerah dalam bidang Informasi dan Komunikasi. Kami suport dan telah meminta dinas Kominfo Garut untuk membantu percepatan FK KIM Garut ini terbentuk,”ungkapnya.

Helmi menyarankan FK KIM Garut selanjutnya untuk terus berkordinasi dengan Diskominfo agar sinergitas dalam membangun Informasi masyarakat yang sehat dan mampu menangkal berita Hoax dapat terwujud dengan baik.

“intinya terus bersinergi antara FK KIM dengan Dinas Koninfo agar selaras dapat bersama-sama membangun infomasi positif untuk memerangi berita Hoax,”tegasnya.

Sementara itu, Tim Formatur Pembentukan FK KIM Kabupaten Garut Janur M. Bagus mengatakan pihaknya tengah terus melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan KIM Kabupaten/Kota yang lain melalui Formatur FK KIM Jabar.

“Kami terus berkomunikasi dengan para penggiat KIM Kabupaten/Kota di Jabar melalui FK KIM Jabar yang saat ini sama-sama tengah  menyamakan persepsi untuk menyusun stuktur kepegurusan di KIM Jabar,”ujarnya.

Janur menyebut dalam waktu dekat FK KIM Kabupaten Garut akan segera terbentuk kepengurusannya untuk selanjutnya membentuk kepengurusan tingkat Kecamatan dan mensuport pembentukan Kepengurusan FK KIM Jawa Barat.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang