IMG-20180124-WA0034-300x225 SOSIAL POLITIK  Forum Komunikasi KIM Garut Resmi Terbantuk

Forum Komunikasi KIM Kabupaten Garut saat melakukan pertemuan, foto dok

Gapura Garut ,- Sejumlah penggiat Informasi di Kabupaten Garut dari berbagai latar belakang profesi akhirnya menyepakati terbentuknya Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK KIM) Kabupaten Garut dalam sebuah pertemuan bertajuk Silaturahmi  Para Penggiat Informasi yang disuport penuh Dinas Komunikasi dan Informaika Kabupaten Garut, Rabu (24//2018).

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman yang menyempatkan hadir serta membuka secara resmi silaturahmi para penggiat Informasi Kabupaten Garut tersebut menyampaikan apresiasinya terkait pembentukan  Forum Komunikasi Kelompok Informasi (FK-KIM) Kabupaten Garut yang dimotori para penggiat Informasi tersebu.

Helmi Budiman mengatakan dibentuknya Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat tersebut diharapkan  bisa menginformasikan pada masyarakat berbagai lansiran informasi dengan bijak, sehingga tidak akan ada lagi berita hoax.

“Masyarakat bisa secara selektif dalam memberikan informasi kepada public. Intinya KIM ini harus dapat memberikan informasi yang bijak dan tabayyun bila informasinya nantinya akan disebarkan ke publik” kata Helmi saat memberikan sambutan para acara tersebut.

Ia menegaskan dengan dibentuknya KIM, sangat menginspirasi pihaknya karena pembentukan KIM sendiri langsung dari masyarakat dari berbagai latar belakang profesi degan komunitasnya yang ada di Kabupaten Garut

“Untuk sarana informasi yang ada di Kabupaten Garut begitu terbatas, maka dari pihak Pemkab sangat mendukung dengan adanya KIM, karena merupakan garda terdepan untuk menyampaikan sajian informasi ke masyarakat atau publik” ungkapnya.

Helmi menambahkan  melalui otonomi daerah, maka selayaknya dengan adanya kelompok informasi masyarakat bisa meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengakses berita yang tidak menyimpang atau hoax.

“Maka, Silaturahmi KIM ini merupakan kegiatan yang harus didukung secara bersama, karena KIM nantinya bisa berhubungan dengan media sosial,” paparnya

Ia juga berharap KIM dapat menjadi sebuah sarana untuk penyebaran informasi sekaligus  promosi Kabupaten Garut yang aman, sejuk dan terkenal dengan wisatanya.

“KIM merupakan sarana komunikasi yang baik, sebagai garda yang terdepan untuk menginformasikan segala bentuk yang ada di Kabupaten Garut yang penuh dengan suasana yang alami tanpa adanya rekayasa ” paparnya

Helmi juga berpesan FK KIM yang terbentuk dapat mengambil peran signifikan dalam sosialisasi dan membantu KPU untuk kelancaran Pilkada serentak di Kabupaten Garut dengan memberikan informasi terkait pelaksanaan Pilkada tersebut sesuai tahapannya.

“ KIM juga bisa menginformasikan pada masyarakat dengan bijak, apalagi dalam menghadapi tahun pilkada agar berlangsung sukses aman dan tentram serta menghasilkan pemimpin sesuai dengan keinginan masyarakat Garut nanti ” imbuhnya.

Disinggung terkait pengembangan sarana informasi terutama melalui medsos, Helmi menegaskan pihaknya akan segera mesosilisasikan dan memberikan arahan teknis pada komunitas KIM, agar meyampaikan informasi terutama menjelang tahun politik atau pilkada sesuai dengan skema dan tahapan peraturan dan perundang undangan yang ada, sehingga masyarakat luas bisa mencerna berita yang benar benar valid tidak bohong atau hoax.

FK KIM yang terdiri dari berbagai komunitas, mulai dari komunitas penggemar padud, sapedah ontel, tukang cukur rambut, pengelola medsos, amatir radio, seni padalangan, bahkan forum anak dan para penggiat sosial dan informasi sepakat membentuk Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat di Kabupaten Garut.

Forum secara aklamasi menunjuk Janur M. Bagus sebagai ketua, dibntu Wakil Ketua Tika Rudiana, dibantu dua sekretaris, dua bendahara dan beberapa bidang didalamnya.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang