SOSIAL POLITIK

Baguna PDI P Kota Banjar Bantu Korban Puting Beliung

Tampak pohon tumbang masih menutupi permukiman warga, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Pasca bencana angin puting beliung yang melanda wilayah Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Jum’at (2/2/2018) petang kemarin, Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Kota Banjar, Sabtu (3/2/2018) pagi mengirimkan tim ke beberapa titik lokasi bencana.

Tujuan kedatangan tim dari partai berlambang kepala banteng ini adalah untuk membantu para korban angin puting beliung yang telah menyapu di wilayah timur Kota Banjar.

Ketua PDI P Kota Banjar, Nana Suryana mengatakan, bahwa pihaknya langsung menerjunkan tim untuk memangkas hingga menebang pohon-pohon yang rawan tumbang dengan menggunakan tiga buah alat Chainsaw (gergaji mesin).

“Upaya ini dilakukan untuk mencegah pohon tumbang menimpa rumah dan fasilitas publik lainnya, karena di daerah seperti kecamatan Langensari ini adalah daerah paling rawan terkena angin putinh beliung,” ujar Calon Wakil Walikota Banjar dari paslon Asih Saenyana ini.

Nana menambahkan, pasca bencana dirinya lebih memilih kerja nyata daripada hanya melihat atau memantau saja. Ia langsung terjun ke lapangan bersama tim dan warga untuk mengevakuasi pohon-pohon yang sudah tumbang dan menimpa rumah.

“Kami tidak mau hanya melihat, namun kami langsung melakukan langkah kerja nyata dan berbaur dengan warga untuk mengevakuasi reruntuhan pohon yang menimpa rumah warga,” imbuh Wakil Ketua DPRD Kota Banjar ini.

Masih kata Nana, daerah yang paling banyak terkena bencana puting beliung yakni daerah Lingkung Karangmencil, Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari Kota Banjar.

“Di lingkungan ini sebanyak 45 rumah rusak akibat tertimpa pohon, namun kerusakan tersebut tidak berat, dan hanya rusak genting atau atap-atapnya saja,” katanya.

Baguna tidak memangkas pohon-pohon yang sudah tumbang saja, melainkan pohon-pohon tinggi yang rawan tumbang seperti pohon Kelapa, Albasia, dan Mangga pun ikut ditebang. Namun semua ini berdasarkan izin dari si pemilik pohon tersebut.

“Kami memangkas hingga melakukan penebangan pohon-pohon yang rawan tumbang, tapi semua itu atas permintaan warga terlebih sang pemilik pohon tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Priono (46) warga Karangmencil mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI P Kota Banjar. Menurutnya, bantuan tersebut sangat bermanfaat dimana warga sangat kesulitan untuk mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang akibat puting beliung kemarin.

“Warga mengucapkan banyak terima kasih, atas kegiatan ini kami sebagai warga sangat merasa terbantu,” katanya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *