img-20180421-wa00421071959928 RAGAM SOSIAL POLITIK  Puluhan Ibu Hamil Antusias Ikut Hypnobirthing RSIA Asri

Gapura Purwakarta , – Puluhan ibu hamil antusias mengikuti pelatihan melahirkan tanpa rasa sakit (hypnobirthing) yang diselenggarakan RSIA Asri Purwakarta di Jalan Veteran, Sabtu (21/04/2018).

Para ibu berbagai usia kehamilan terjalin interaksi dengan pembicara dokter spesialis kandungan dr Poerwantoro dan dr Saiful serta ahli hypnobirthing bidan Rezza (echa). Umumnya, ibu hamil (bumil) tertarik dengan metode hypnobitrhing.

Seperti diutarakan bumil Ny Tina bahwa kehamilan pertamanya merasa perlu mengikuti seminar tersebut. “Terbantu sekali dengan seminar ini, terlebih saya nol pengalaman karena ini kehamilan pertama,” ujarnya.

Tina menyebutkan, pendidikan Hypnobirthing ini jarang sekali diselenggarakan di Purwakarta sehingga lumrah bila animo bumil mengikuti pendidikan ini cukup tinggi.

“Saya sendiri kalau pengen tahu soal Hypnobirthing suka keluar kota seperti Bandung dan Jakarta. Jadi, saat tahu di Asri diselenggarakan Hypnobirthing saya tertarik dan mengikutinya,” kata dia.

Bumil memberondong pertanyaan seputar persalinan aman dan nyaman. Seperti dilontarkan bumil Ny Dera mempertanyakan cara menghindar dari ketuban pecah dini (KPD). “Saya khawatir dok, teralami lagi dipersalinan anak kedua ini, gimana cara mengantisipasinya, dok?,” tanya Dera.

dr Saipul menjelaskan, bumil jangan terlalu risau dan mengkhawatirkan terjadinya ketuban pecah dini karena proses itu alami memasuki usia kelahiran. “Saya kira pecah ketuban itu hal alami memasuki kontraksi. Saat akan melahirkan itu ditandai pecah ketuban,” ungkap dia.

Selain itu, lanjut Saiful, KPD dipengaruhi selaput ketuban tipis, terjangkit infeksi,trauma bumil dan hubungan badan ekstrem. “Itu mah tidak bisa diintervensi medis,” terang Saipul.

Ditempat yang sama Dirut RSIA Asri Hj Betty Susilawati menyebutkan tujuan penyelenggaraan kelas Hypnobitthing memberikan edukasi pada ibu hamil bahwa melahirkan bisa dilakukan tanpa sakit.

“Sakit, pasti ada. Tapi metode hypnobirthing ini dapat mengurangi rasa sakit dan tak beresiko saat melahirkan,” jelas istri legislator DPRD Provinsi Jabar, H Rustandie itu.

Diungkapkan, metode tersebut sebenarnya sudah lama dijalankan di RSIA Asri. Hanya saja, lanjut Betty, untuk penyelenggaraan kelas hypnobithing baru diselenggarakan sekarang. “Iya, ini penyelenggaraan pertama. Peminatnya cukup banyak juga,” ujarnya.

Betty menambahkan, kehamilan sehat merupakan dambaan keluarga bumil. Melalui hypnobirthing, bumil bisa mengikuti senam hamil dan menularkan pengetahuan sehingga bumil tidak takut resiko persalinan. “Bidan bidan di RSIA Asri ini telah dibekali ilmu hypnobirthing bahkan bersertifikat sehingga mumpuni menangani persalinan,” pungkasnya.***Yadi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang