img-20180515-wa0049491849042 PILKADA SOSIAL POLITIK  Panwaslu Purwakarta Libatkan Partisipasi Pramuka Awasi Pilkada

Gapura Purwakarta, — Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta, Oyang Este Binos mengatakan, partisipasi dari kalangan Pramuka untuk ikut aktif berperan serta dalam pengawasan pemilu akan sangat membantu.

“Latar belakangnya kita anggap perlu adanya banyak pihak ikut serta dalam pengawasan pemilu. Nah Pramuka ini kan struktur organisasinya sudah jelas, kualitas SDM nya, modal sosialnya ada, intergritas, kemandirianya juga ada karena pelatihanya sudah sering. Jadi kita lihat memang akan sangat membantu peran Pramuka ini,” jelasnya pada Selasa (15/5/2018)

Dalam kaitan teknis, keterlibatan Pramuka dalam membantu Panwaslu, Binos menyebutkan, ada 3 hal utama yang menjadi prioritas.

“Pertama kita libatkan Pramuka dalam sosialisasi pemilu partisipatif ke masyarakat, Kedua kita beri ruang seluasnya kepada Pramuka untuk melapor jika ada dugaan pelanggaran dalam pemilu dan ketiga, termasuk pada waktunya kita siagaan Pramuka pada saat proses pungut dan hitung suara,” ujarnya.

Untuk poin ke-tiga Binos mengaku, masih mengkalkulasikan kemungkinan di tempatkanya anggota Pramuka di tiap Tempat Pemungutan Suara di seluruh Purwakarta.

“Kalau untuk disiagakan di tiap-tiap TPS kita masih lihat-lihat dulu,” katanya.***Yadi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang