WhatsApp-Image-2018-05-16-at-06.05.12-300x225 SOSIAL POLITIK  Diskominfo dan FK-KIM Garut Segera Wujudkan Pengurus FK-KIM di 42 Kecamatan

Photo Bersama usai kegiatan saresehan Penguatan Kelembagaan KIM Kabupaten Garut, foto dok

Gapura Garut ,- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut bersama Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kabupaten Garut terus tancap gas wujudkan struktur Kepengurusan FK-KIM ditingkat Kecamatan guna percepatan pendataan dan kemandirian Kelompok Informasi Masyarakat yang tersebar di Kabupaten Garut.

Melalui Sarasehan Penguatan Kelembagaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Garut, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Garut, Diar Cahdiar Antadirdja yang membuka secara resmi kegiatan tersebut menyebutkan Saresehan bertema “Membangun Kembali Kelompok Informasi Masyakarakat di Era Melenial” ini membawa misi terbentuknya Kepengurusan FK-KIM di 42 kecamatan pada tahun 2018.

“Saya tekankan agar seluruh peserta yang hadir dapat membawa hasil sarasehan ini ke kecamatan masing-masing dengan segera membentuk Kepengurusa FK-KIM dan mendata  Keberadaan KIM di masing-masing kecamatan.”Kata Diar dalam sambtanya, saat membuka Saresehan yang digelar di Villa Buleud Kecamatan Tarogong Kaler Garut, Selasa (15/5/2018).

Menurutnya tahun 2018, diharapkan seluruh kecamatan di Kabupaten Garut sudah membentuk FK-KIM (Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat) kecamatan, dan KIM di desa-desa sebagaimana potensinya yang sudah terpetakan oleh pengurus FK-KIM Kabupaten Garut dan dinas melalui bidang terkait,”ungkapnya.

Sarasehan selain diikitu perwakilan kelompok dan komunitas dari kecamatan, juga turut hadir pejabat  dinas Kominfo Jawa Barat, dengan para narasumber, antara lain : Ketua FK-KIM Jawa Barat, Ir. Yus Hartiman, Relawan TIK Kabupaten Garut, Rinda Cahyana, dan Ketua FK-KIM Kabupaten Garut, Janur M. Bagus.

Yus Hartiman, lebih menjelaskan tentang keberadaan dan Peran KIM kedepan. Menurutnya, kini sedang diproses pembentukan FK-KIM Nasional serta peningkatan status KIM melalui  Peratutan Kementrian Dalam Negeri.

“Kami juga berupaya kedepan agar KIM bisa menjadi Penyuluh Informasi Publik (PIP), bahkan peran KIM kini mulai bisa mengakses Musrenbang dibeberapa daerah ”, ujarnya.

Sementara itu, Janur M. Bagus selaku nakhoda FK-KIM di Kabupaten Garut, menyatakan sesuai amanat Pemerintah Kabupaten Garut, ihaknya segera menjangkau seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Garut, mulai tingkat kecamatan hingga kelurahan dan desa, melalui percepatan pembentukan FK-KIM kecamatan.

“Kami akan arahkan kecamatan untuk membantu menginventarisir potensi KIM dimasing-masing Kelurahan dan Desa”, katanya, saat memberikan materi Proyeksi FK-KIM Kabupaten Garut.

Pihaknya juga bersam RTIK akan mengembangkan aplikasi modern dalam upaya diseminasi informasi, semisal e-KIM, dan RIKAT (Rilis Cepat dan Akurat) yang nantinya akan diterapkan seluruh kecamatan di Kabupaten Garut.

Kepala Bidanng Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Konifo Jabar, Dedi Dharmawan , memberikan apresiasi kepada Dinas Kominfo Kabupaten Garut dengan acara tersebut, menngingat KIM memiliki peran strategis dalam penyebaran informasi.

Ia berharap KIM di Kabupaten Garut mulai tingkat Kecamatan hingga desa dan kelurahan segera terbentuk dan berjalan dengan prinsif kemandirian.

“Minimal satu kecamata satu desa saja terbentuk KIM itu sudah cukup bagus”, pungkasnya.***Yanshums

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang