img_20180606_191645859332161-266x300 PILKADA SOSIAL POLITIK  Jelang Hari Pencoblosan, Dandim 0611 Garut Intensifkan Monitoring Situasi Wilayah

Dandim 0611 Garut Letkol Inf. Asyraf Azis, foto dok

Gapura Garut ,- Jajaran Kodim 0611 Garut terus melakukan pemantauan situasi Garut menjelang kurang dari dua pekan pelaksanaan Pilkada serentak Kabupaten Garut pada 27 Juni 2018 mendatang.

Dandim 0611 Garut, Letkol Inf Asyraf Azis menyatakan pihaknya melakukan hal tersebut agar tidak kecolongan dengan hal-hal yang tidak diinginkan di Kabupaten Garut terkait pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

” situasi terkini di Garut saat ini masih aman terkendali meski termasuk pada kategori rawan terjadi konflik karena pemilihan kepala daerah serentak 2018 yang akan dilaksanakan beberapa hari setelah lebaran.”kata Dandim saat dimintai tanggapannya, selasa (12/6/2018).

Dandim menyebut kondisi tersebut dikategorikan rawan konflik karena bukan tidak mungkin muncul hal-hal yang dapat memicu kearah kerawanan dengan berbagai hal yang dilakukan  oleh tim sukses masing-masing pasangan calon.

“Coba saja sekarang dilihat di media sosial, banyak sekali pasangan calon masing-masing mengunggah foto yang menyudutkan pasangan calon lainnya sehingga tentunya oleh kita itu diantisipasi. Antisipasi yang kita lakukan lebih kepada dampaknya di masyarakat, jangan sampai apa yang diunggah tersebut kemudian berdampak di dunia nyata,”ungkapnya.

Dandim mengatakan dengan segala macam potensi konflik yang ada menjelang Pilkada, pihaknya akan terus berupaya  menghilangkan resiko konflik tersebut dengan melakukan monitoring penuh di seluruh wilayah Kabupaten Garut.

“Kita tentunya ingin menciptakan situasi dan kondisi Garut yang aman dan kondusif, jangan sampai muncul riak riak yang malah kemudian bisa memicu konflik komunal dan lainnya. Kalau pun kemudian menemukan hal yang dianggap kecurangan dan lainnya, lebih baik diselsaikan secara aturan yang berlaku dan dilaporkan kepada pihak yang memang menangani hal tersebut,” imbuhnya.

Secara umum lanjut Dandim, situasi Garut hingga saat ini masih kondusif dan tidak ada hal yang menonjol sehingga bisa menyebabkan konflik jangka panjang. Namun hal tersebut bisa berubah seketika jika tidak disikapi langsung oleh pihak terkait, dan pihaknya pun akan terus berusaha meminimalisasi permasalahan yang terjadi di masyarakat.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang