UMKM

Sofyan, Mendulang Rupiah Dari Inovasi Kulit

Sofyan penggiat kerajianan Kulit Sukaregang dengan merk Swiss Van Java
Sofyan penggiat kerajianan Kulit Sukaregang dengan merk Swiss Van Java
Gapura UMKM ,- Dari sekian banyak pengrajin Kulit yang berada dikawasan industri Kulit Sukaregan ataupun para pengrajin yang berada dibeberapa wilayah lainnya kini telah menjadi bagian dari geliat kerajinan di Kota Intan Garut secara umum.
Salah satu penggian kerajinan Kulit yang paling getol memasarkan produk-produknya adalah Swiss Van Java Craft, tidak heran jika saat ini menjadi buah bibir dan banyak dipilih para konsumen kerajinan kulit di Garut.
Inovasi-inovasi yang dihasilkan Swiss Van Java banyak menarik kalangan penggemar  kulit tanah air, selain trend pada model-medel yang dikeluarkannya, juga memiliki kualitas kulit yang sangat bagus.
Swiss Van Java Craft terus berkembang dan berinovasi dari model-model produknya berkat tangan trampil seorang Pemuda asal Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten  Garut, bernama Sofyan M. Ditangannyalah  hasil kerajinan Kulitnya mulai mampu  menembus pasar  nasional bahkan pasar Internasional meski masih dalam skala kecil.
Sofyan, mengatakan, awalnya dirinya lebih menggeluti bidang penyamakan kulit, namun seiring waktu kemudian melihat pangsa pasar yang luas dan banyak permintaan pasar mengenai hasil kerajinan kulit jadi seperti, Tas dan Jaket, akhirnya ia lebih menekuni  kerajinan kulit dengan membuat barang-barang jadi.
“Sejak tahun 2011 awal saya membuat tas, karena saya selalu berusaha menbuat model dan kualitas yang baik, saya juga tidak menyangka  dapat menembus pasar Luar Negeri seperti Malaysia, Singapura, Korea dan Abu Dhabi,”Ungkapnya.
Sofyan menambahkan, Selain membuat Tas dan Jaket, saat ini ia juga memproduksi berbagai kerajinan lainnya seperti, Sepatu, Sendal dan ikat pinggang dengan tetap mengedepankan kualitasnya.
Saat ini  selain pangsa pasar luar negeri,  untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal dan regional biasanya pesanan datang dari para PNS dan para Pejabat Pemerintah.
“Yang banyak memesan untuk pasar dalam negeri biasanya datang dari kalangan pejabat pemerintah dan perusahaan swasta”Tuturnya.
Disinggung mengenai omzet, Sofyan hanya tersenyum, dengan perkiraan telah mencapai Puluhan Juta Rupiah per bulannya, Nah, kalau anda ingin mendapatkan hasil kerajinan Kulit Sofyan bisa datang langsung  ke Swiss Van Java Craft  Jalan Raya Karangpawitan NO 136 Garut, atau mendatangi Gerai Dekranasda Kabupaten Garut di Kompleks Pendopo Garut jalan Kabupaten No.1 kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota, Garut.***jmb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *