20151214_140835-300x169 UMKM  Diskop UKM dan BMT Garut Seleksi Produk untuk Galeri UMKM

Kepala Diskop UKM dan BMT Kabupaten Garut saat menghadiri acara seleksi produk UMKM, foto jmb

Gapura Garut ,- Dinas Koperasi UKM dan BMT Kabupaten Garut bersiap-siap untuk segera membuka gerai khusus produk unggulan hasil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Garut yang kini pembangunannya sudah hampir rampung dijalan Cimanuk Kecamatan Tarogong Kidul Garut.

Menurut Eko Yulianto Kadiskop UKM dan BMT Garut, kehadiran galeri UMKM yang sengaja dibangun pemerintah Kabupaten Garut tersebut semata untuk membantu mengembangkan berbagai produk unggulan baik makanan maupun hasil kerajinan yang dihasilkan warga dari 42 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Garut.

“Kita memang harus melakukan seleksi mengingat banyaknya produk yang dihasilkan dari para penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah diseluruh kecamatan yang tersebar di Kabupaten Garut, yang termasuk kategori unggulan saja ada lebih dari 100 produk dan ini harus benar-benar diseleksi kembali untuk kemudian dapat ditampilkan digaleri UKM milik pemerintah”, Kata Eko saat menghadiri acara seleksi produk yang dilakukan Dinasnya di Kecamatan Tarogong Kidul, Senin (14/12/2015).

Eko menegaskan saat ini memang produk yang dihasilkan dari masing-masig kecamatan masih banyak yang sama sehingga benar-benar harus diseleksi mana yang lebih layak dipasarkan digaleri UKM agar tidak terjadi duplikasi dan merata mewakili dari masing-masing Kecamatan.

“Disini ada konsultan yang akan melakukan seleksi baik dari sisi keamanan pangan maupun dari desain kemasan, sehingga produk yang dihasilkan terilih benar-benar layak dipasarkan digalarei UKM yang akan dijalankan dengan sistem dan bentuk bangunan seperti pasar modern”, Tegasnya.

Sementara itu Kabid UMKM Diskop UKM dan BMT Garut Erna Sugiatri memastikan jika produk yang terpilih untuk mengisi galeri UMKM Garut benar-benar hasil seleksi ketat dan telah memenuhi berbagai standar kelayakan sebuah produk yang berlaku dipasaran.

“harus yang sesuai dengan kelayakan, kami tidak mau asal produk saja karena gelari UMKM yang kita bangun untuk benar-benar mendongkrak produk unggulan kabupaten yang memiliki daya saing pasar serta proses pemasarannya akan terus dikawal melalui kerjasama dengan berbagai pihak profesional”, Ungkapnya.

Menurut Erna digaleri UMKM nanti para pelaku UMKM Garut tidak hanya sebatas menjual atau memasarkan produknya, melainkan juga akan dipasilitasi dalam urusan pengembangan bisnis melalui klinik bisnis dan kegiatan kegiatan penunjang kelancaran bisnis lainnya yang terpuat di galeri tersebut.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang