UMKM USAHA PRODUK

Bekraf Kembali Jumpai Pelaku Usaha di Tasikmalaya

Gaputa Tasikmalaya,- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Akses Permodalan Bekraf kembali menyelenggarakan Seri Kelas Keuangan (SKK) Kelas Manajemen Keuangan Usaha Ekonomi Kreatif (ekraf) di Tasikmalaya Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut Bekraf membekali 100 pelaku usaha kreatif di Tasikmalaya tentang manajemen keuangan usaha.

Bekraf memberikan bimbingan dan pelatihan kepada pelaku usaha tersebut langsung dari praktisi keuangan Hari ‘Soul’ Putra, motivasi sukses usaha oleh pemilik Kebab Turki Baba Rafi Nilam Sari, serta informasi produk pembiayaan perbankan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tasikmalaya.

“Bekraf menggunakan model pelatihan praktek langsung pembuatan pembukuan. Diharapkan pelaku usaha kreatif Tasikmalaya mampu membuat pembukuan dan mengaplikasikan pelatihan manajemen keuangan ini untuk mengembangkan usaha mereka,” Kata Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo.

Praktisi keuangan Hari “Soul” Putra bukan hanya menjelaskan manajemen keuangan usaha yang baik dan benar, tetapi juga memberi pelatihan pembuatan pembukuan. Pembukuan ini bisa dijadikan history record keuangan usaha untuk mengakses pembiayaan perbankan.

Menurut Hari yang perlu diketahui pelaku usaha kreatif antara lain nilai perusahaan, profit perusahaan, dan arus kas.

“pentingnya memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis serta memiliki laporan keuangan bisnis. Point yang perlu disebutkan pada saat menyusun proposal pengajuan pembiayaan perbankan untuk meyakinkan perbankan, bisnis pelaku usaha ekraf layak dimodali,”ujarnya.

Hari menambahkan pihaknya menghadirkan pemilik Kebab Turki Baba Rafi, Nilam Sari, yang menceritakan kisah sukses usahanya untuk menginspirasi para pelaku usaha kreatif di Tasikmalaya. Diharapkan mereka termotivasi mengembangkan usaha bukan hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri seperti Kebab Turki Baba Rafi yang sudah bisa dijumpai di luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia.

“Kami melengkapi SKK ini dengan menghadirkan perbankan yang siap menyalurkan pembiayaan kepada pelaku usaha kreatif yang memenuhi syarat supaya pelaku ekraf Tasikmalaya memperoleh pengetahuan pembiayaan perbankan. Pelaku usaha kreatif yang sukses juga kami datangkan sekaligus untuk membagikan wawasan mengatasi tantangan dalam menjalankan usaha,” pungkasnya.***Yossie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *