USAHA PRODUK

Kripik Pisang Muli, Makanan Inovasi Garut dari Gapura

Kemasan Kripik Pisang Muli AZKA pernah keluar sebagai Juara ke 3 Lomba Desain Kemasan Tingkat Propinsi Jawa barat Tahun 2014
Kemasan Kripik Pisang Muli AZKA pernah keluar sebagai Juara ke 3 Lomba Desain Kemasan Tingkat Propinsi Jawa barat Tahun 2014

Gapura Garut ,- Produk unggulan Musim lebaran tahun 2014 yang kini laris manis di sejumlah toko dan outlet oleh-oleh di Garut, jawa Barat adalah Kripik pisang Muli produk dari Azka Putra Jaya,  salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) Binaan Gapura Indonesia yang berada dibawah naungan Gapura Sigar (Gabungan Produk Rancage Asli Ti Garut).

H. Hilman pemilik kreasi makanan berbahan baku pisang muli tersebut mengaku, saat memulai usahanya dibidang olahan makanan oleh-oleh, tidak menyangka olahan pisang muli inilah yang  memberinya pintu rejaki cukup lumayan.

“Saya awalnya menekuni berbagai produk makanan seperti moring, wortel Cruncy dan lain-lain pernah saya mencobanya, namun sejauh ini yang masih bertahan dipasar oleh-oleh tinggal beberapa jenis saja, dan salah satunya ini Pisang Muli”. Kata Hilman saat dijumpai disela-sela mengantarkan orderan produk oleh-oleh ke beberapa toko Sabtu (2/8/2014).

Hilman menambahkan, sebagai bagian dari UKM binaan Gapura yang selama ini eksis merasa banyak hal yang harus terus dilakukan terutama dalam memenuhi keinginan pasar oleh-oleh yang semakin hari semakin ketat persaingannya.

Lahirnya Kripik Pisang Muli yang diberi merek AZKA ini lanjut Hilaman,  adalah bagian dari perjalanan panjang bersama teman-teman di Gapura Sigar yang seringkali berkumul tukar informasi dan peluang.

“Saya bersyukur bisa selalu berkumpul dalam berbagai kesempatan dengan teman-teman di Gapura sehingga bisa saling tukar pikiran dalam hal pengembangan produk, saya juga mendapatkan banyak pelajaran dari pengalaman Akang Kiki Chocodot yang selama ini membesarkan kami melalui Gapura”. ungkapnya.

Seiring perjalanan waktu kini, kripik pisang muli yang diolahnya terus mengalami peningkatan omset penjualan.

“Dari semula sekedar Coba-coba, alhamdulillah kini telah menjadi bagian makanan oleh-oleh dari Garut dan mulai banyak digemari pembeli”.Imbuhnya.

Untuk satu kemasan Pisang muli dengan berat 240 garam tersebut dipatok dengan harga jual toko antara 27 ribuan hingga 28 ribuan. Kelebihan rasa dari kripik pisang Muli ala AZKA ini terasa dari cita rasa lezat dan manis alami karena piang yang diolah benar-benar pisang muli mateng yang dibelah dua sehingga ukurannya tampil unik cukup untuk satu kali atau dua kali gigitan saja.

Kripik pisang Muli produk ASKA ini juga memiliki kerenyahan yang  kriuk dan benar benar renyah sehingga mudah dikunyah,  kerenyahannya sendiri  menambah sensasi makan kripik dimulut.

Untuk Kemasan yang kini digunakan, ide dan desain awalnya diluncurkan oleh Rumah Kreasi Gapura Indonesia hasil dari rancangan para desain grafis muda dirumah kreasi tersebut. Hasilnya Kemasan Kripik Pisang Muli ASKA pernah meraih juara ke 3 lomba desain kemasan yang digelar rutin oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa barat pada awal Tahun 2014 lalu.

Naah… anda ingin mencobanya silahkan saja datang ditoko-oleh oleh terdekat di kota Garut, karena produknya sangat mudah didapat. Jika ingin lebih mudah lagi datang digerai atau aoutlet Chocodot yang tersebar di kota Garut.***jmb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *