gambar-ilustrasi USAHA & PRODUK  13 Ribu UKM di Garut,  Terus Digenjot dengan Program Pelatihan Usaha

Chocodot salah satu Produk Hasil UKM/IKM Kabupaten Garut yang menjadi Unggulan Produk Garut, Foto Istimewa

Gapura Garut, sedikitnya ada sekitar 13 ribuan usaha Mikro Kecil Menengah di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang keberadaanya perlu terus dijaga  kelangsungan usahanya agar tetap biasa bertahan dan terus tumbuh serta berkembang menjadi kekuatan ekonomi masyarakat Kabupaten Garut kedepan.

Sebagai salah satu upayanya Pemerintah Kabupaten Garut  melakukan  pembinaan dan pelatihan tehnis Kewirausahaan serta akases permodalan serta  pemasaran.

“Sejauh ini tehnik-tekhnik  pengelolaan usaha juga menjadi salah satu kendala
bagi sekitar 13 ribu usaha mikro diantaranya 3500 usaha kecil dan 150 usaha menegah yang tersebar  dikabupaten Garut “, Kata Erna Sudiarti, Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM )dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, Kamis (16/10/2014).

Menurut Erna, untuk membangkitkan gairah para pelaku usaha dalam rangka  meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyrakat kabupaten Garut,pihaknya memberikan dukungan
dengan memberikan pembinaan dan pelatihan pelatihan terkait kewirausahaan tersebut.

“Kami khawatirkan jika para pelaku usaha tidak dibekali dengan ilmu kewirausahaan maka usaha  yang dikelolanya akan mengalami kebangkrutan atau kolep sebagaimana sering kita jumpai nasib dari para pengusaha mikro kecil didaerah”, Ungkapnya.

Erna juga menambahkan, selain memberikan pelatihan manajemen usaha kecil bagai para pelaku usaha tersebut, pihkanya juga telah  turut serta memfasilitasi antara pelaku usha dengan lembaga  keuangan,  agar diberikan kemudahan dalam proses bantuan permodalan,

“tentu saja melalui  beberapa bank yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menjalin kerjasama dengan para pelaku usaha kecil dan menengah, kita selalu prioritaskan untuk mendapatkan pelayanan lebih mudah dan cepat, seperti melalui program Kredit Usaha Rakyat ( KUR) yang digulirkan pemerintah dan program program sejenis lainnya”. paparnya.

Sejauh ini menurut Erna, dari sekian ribu produk yang dihasilkan oleh para pelaku uasha kecil dan menengah Kabupaten Garut seperti produk industri kulit Sukaregang Garut dan produk kerajinan akarwangi serta batik  Garutan telah  menjadi primadona produk unggulan yang disukai dipasaran.

“Produk-produk unggulan kita laku dipasaran bukan hanya ditingkat
regional dan Nasional  namun sudah bisa menembus pasar mancanegara, terutama produk-produk kuliner hasil olahan  dari para pelaku usaha juga tidak kalah menariknya bahkan telah menjadikan buah tangan wisatawan yang banyak diburu para pengunjung”. Pungkasny.***Irwan Rudiawan

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang