caramel-susu-garut-225x300 KULINER USAHA & PRODUK  "Casuga", Caramel Susu Garut, Lezatnya Susu Sapi Garut

Nih..Casuga (Caramel Susu Garut ) sudah dalam kemasan cantik, ingin mencobanya? segera mencari ditoko-oleh oleh Garut, foto Leny

Gapura Cemilan ,- Nih..sudah tahu belum ada cemilan yang asyik buat siapapun, Dewasa, Manula dan juga anak-anak tidak masalah menkonsumsinya sebab selain mengandung gizi dan protein tinggi, rasanya nikmat saat dikunyah dilidah.

Produk ini bernama “Casuga” alias kepanjangan dari “Caramel Susu Garut”. Caramel ini benar-benar diproduksi dari bahan baku susu sapi perah murni, asli hasil peternak Kabupaten Garut yang tersebar diwilayah Kecamatan Bayongbong, Cisurupan dan Cikajang.

Produk kreatif ini, buah dari keterampilan dan keuletan seorang perempuan muda bernama Leni Apriyani, kelahiran Garut 19 April 1992. selepas menyelesaikan Kuliah D3 Perbankan, Leni memilih merintis usaha sendiri, daripada melamar pekerjaan dan bekerja ditempat orang lain. Ia bertekad ingin menjadi pengusaha mandiri yang dapat membantu masyarakat sekitar didaerah tempat kelahirannya, dikampung  Bebedahan, Desa Ciburuy, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut.

“Saya tertarik mengembangkan usaha dengan menekuni produk caramel susu ini karena melihat melimpah ruahnya susu murni dari sapi perah hasil para peternak yang hampir setiap Kepala Keluarga dikampung saya memelihara sapi perah itu”, Kata Leni saat ditemu baru-baru ini.

Menurutnya, sejauh ini susu sapi perah yang ada didaerahnya hampir tidak ada yang mau mengolahnya menjadi produk jadi melainkan lebih memilih menjualnya kepengepul atau melalui Koperasi susu yang ada.

“Saat itu, saya menyakini sudah saatnya ada orang yang harus mampu mengolah makanan dari bahan susu sapi perah ini, tidak hanya dijualnya langsung susunya. Maka saat itu pula saya mencoba melakukan pengolahan makanan dari bahan dasar susu, dan dari sekian banyak yang saya uji coba, caramel inilah yang terasa sreg dihati saya sehingga mampu terus bertahan dan berkembang hingga saat ini”. Ungkapnya mengenang saat awal-awal merintis usahanya.

Saat ini dibawah bendera   Perusahaan Dagang (PD) TANISHA PUTRI, Leni telah memproduksi Caramel dengan bebagai varian rasa diantaranya rasa original, stroberi, kopi, kacang dan wijen. Dengan mempekerjakan beberapa orang rekannya, Leni mampu menghasilkan 125o Pcs Casuga dari berbagai varian rasa dalam setiap kali melakukan produksi.

Dengan peralatan masih manual namun perlahan tapi pasti produk Casuga kini makin dikenal luas di Kabupaten Garut terutama ditoko-toko oleh-oleh yang ada.

“Alhamdulillah Casuga saya sudah ada ditoko-toko oleh-oleh di Garut da saya juga melakukan penjulan melalui on line sehingga beberapa konsumen luar kota juga sudah banyak yang mencoba produk saya ini”. Papar Leni saat bercerita terkait pemasaran produknya.

Leni menambahkan, dirinya berharap usaha yang dirintisnya akan terus tumbuh dan berkembag dan saat ini dirinya beserta beberapa orang rekan pekerjanya sedang terus menigkatkan omset penjualan untuk memenuhi permintaan pasar modern.

Nah..!! bagi anda yang tertarik ingin mencobanya bisa mendapatkan Casuga di gerai dan toko oleh-oleh Chocodot atau ditoko oleh-oleh lainnya yang tersebar di Kabupaten Garut. Jika anda ingin mengenal lebih jauh Casuga atau ingin juga memesannya bisa langsung menghubungi Leni di no kontak (0878 2704 1020)***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang