USAHA PRODUK

Habis Disapu Banjir, Pemilik Kolam Ikan Merugi

Salah seorang warga menunjukan kolam ikan miliknya tertutup genangan banjir, foto Hermanto
Salah seorang warga menunjukan kolam ikan miliknya tertutup genangan banjir, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar ,- Hujan yang terus mengguyur wilayah kota Banjar dan sekitarnya, mengakibatkan puluhan petak kolam ikan di lingkung Siluman Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar terendam banjir, Jum’at (13/3/2015).

Hujan yang terus mengguyur sejak Kamis (12/3/2015) sore tersebut, membuat air selokan meluap dan merendam puluhan kolam ikan disana. Jenis ikan yang terdapat di kolam-kolam tersebut adalah mujaer, Gurame, Lele, Kancra, dan jenis ikan lainnya.

Sejumlah pemilik atau petani ikan mengeluhkan menderita kerugian hingga puluhan juta rupiah.

“akibat dari banjir ini, kami jelas mangalami kerugian hingga belasan juta rupiah, belum lagi kolam milik teman-teman kami yang lainnya, karena disapu banjir ini, pasti gak bisa panen lagi, karena banyak ikan yang lepas,”Kata Agus (35). salah seorang pemilik kolam ikan.

Sementara, Sarif (48) pemilik kolam ikan lainnya mengatakan, banjir tersebut terjadi  untuk yang ketiga kalinya pada musim hujan kali ini, dan dirinya memutuskan untuk sementara waktu  tidak akan menanam benih ikan dulu, sebelum musim hujan reda untuk menghidari banjir lagi.

“Banjir ini sudah yang ketiga kalinya, sehingga para pemilik kolam disini sudah pasti mengalami kerugian,”katanya.

Sarif  berharap kepada pemerintah agar secepatnya memperbaiki gorong-gorong yang sempit, sehingga nantinya tidak ada lagi banjir disini.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *