USAHA PRODUK

BUMDes Leles Terbentuk, Siap Bekerjasama Dengan Pihak Ketiga

H. Asep Basyir Ketua BUMDes Kecamatan Leles, foto Kus
H. Asep Basyir Ketua BUMDes Kecamatan Leles, foto Kus

Gapura Garut,- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kecamatan Leles Kabupaten Garut  diharapkan menjadi langkah awal kesejahteraan masyarakat Kecamatan Leles  , karena dengan terbentuknya  Bumdes Kecamatan  ini berbagai potensi  bisa  dapat tergarap dengan maksima.

Ketua BUMDes  Kecamatan Leles H Asep Basir mengatakan Bumdes Kecamatan  Leles  dibentuk pada bulan September 2014 lalu.

“terbentuknya sudah sejak September 2014, namun untuk sementara kantornya  masih numpang di Gedung  Pendopo Kecamatan Leles”. kata Asep saat ditemui Jumat (20/3/2015).

Asep berharap Pemerintah Kabupaten atau Provinsi dan Pusat dapat memberikan perhatian penuh terhadap keberadaan BUMDes ditingkat Kecamatan ini.

“BUMDes ini terbentuk merupakan inisiatif dari para  Kepala Desa  sebanyak dua belas Desa se Kecamatan Leles dengan maksud dan tujuan di adakannya BUMDes Kecamatan ini untuk meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat serta meningkatkan   Pendapatan asli Desa yang di kelola  oleh BUMDes”, Ungkapnya.

Asep menambahkan, BUMDes juga diharapkan bisa melayani dan memberdayakan masyarakat untuk saling bekerjasama  agar dapat mengurangi angka pengangguran di tingkat  Kecamatan Leles

“Ini juga dapat menjadi wadah untuk silaturahmi sesama Kepala Desa se Kecamatan Leles nantinya”. Imbuhnya.

Sementara itu, Camat Leles Hj.  Rusmanah saat ditemui di kantornya menyambut baik adanya BUMDes ditingkat Kecamatan tersebut.

“Langkah yang sangat bagus untuk meningkatkan kesejahteraan warga  tingkat Kecamatan Leles  nantinya”. Ungkapnya.

Rusmanah juga menegaskan jika kehadiran BUMDes tersebut kedepan dapat menjadi wadah untuk mengelola  sumber-sumber atau potensi usaha yang ada di masing-masing Desa.

“Ini kan BUMDes yang mewakili dua belas Desa  yang ada di Kecamatan leles  semoga saja dapat  secepatnya berjalan dan tidak hanya dibentuk kemudian didiamkan atau ada namnya tapi tidak ada kegitannya”, tegasnya.

Sejauh ini menurut Rusmanah, BUMDes Kecamatan ini baru pertama ada di Indonesia yaitu di Kacamatan Leles Kabupaten Garut.

“Ini mungkin yang pertama ada di Indonesia nantinya bisa bekerjasama dengan  pihak ke tiga selama aturan mainnya jelas dan dinilai menguntungkan kedua belah pihak”Pungkasnya.***Kus Markuseu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *