Gapura Garut .- Sektor perbankan Garut mesti bersiap menghadapi era masyarakat ekonomi Asean (MEA) di akhir tahun ini. Persiapan yang dilakukan tidak lain berupa peningkatan SDM, pelayanan, dan pengembangan produk yang sudah berjalan.
 
Salah satu perbankan yang telah melakukan berbagai persiapan ini adalah PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) LPK Intan Jabar. Direktur Utama PT BPR LPK Intan Jabar Aam Muhammad menyebut pihaknya telah memiliki konsep jelas untuk bersaing dalam MEA.
 
“Salah satu langkah persiapan yang kami anggap penting adalah perubahan status perusahaan dari semula berstatus hukum PD BPR LPK Garut Kota, menjadi PT BPR LPK Intan Jabar,” kata Aam, Kamis (21/5/2015).
 
Dia menjelaskan, dukungan perubahan status tersebut sangat berpengaruh terhadap peningkatan dan perluasan operasional kinerja bank. Kini cakupan operasional bank milik pemerintah ini tidak hanya di wilayah Garut, melainkan sejumlah daerah lain di Jawa Barat.
 
“Perubahan status itu juga berperan serta dalam pembangunan ekonomi di Garut khususnya, dan daerah lain pada umumnya. Program kami salah satunya adalah mengenai pemberdayaan UMKM yang kini mulai berkembang di masyarakat,” jelasnya.
 
Berubahnya visi dan misi ini juga dapat memberikan kontribusi terhadap pemerintah daerah yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Garut dan kabupaten/kota lain.
 
“Dengan adanya pengembangan ini, diharapkan bank kami mampu menjangkau semua lapisan masyarakat yang ada di luar Garut,” imbuhnya.
 
Perubahan status tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenhum Ham) bernomor AH-39238.40.10.2014. Dalam keputusan tersebut, bentuk PT BPR Intan Jabar merupakan perusahaan pemerintah dengan pemegang saham terbesar, yaitu Bank Jabar Banten, Pemkab Garut, dan Pemprov Jabar.
 
“Persiapan pengembangan perusahaan perbankan di sini sekarang sudah menjadi pilot project, sebagai bahan studi banding bagi kabupaten/kota lain di Jawa barat. Belum lama ini kami dikunjungi oleh DPRD Kabupaten Tangerang dan Serang,” pungkasnya***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang