delman USAHA & PRODUK  Pengrajin Gerobak Delman di Garut Masih Terima Banyak Orderan

Gapura Garut,- Masih banyaknya peminat Delman sebagai salah satu moda transportasi tradisional di Kabupaten Garut, Jawa Barat membuat salah satu usaha penopang keberadaan kendaraan tanpa mesin tersebut tetap bertahan dan merupakan salah satu ladang mencari uang bagi yang menggelutinya.

Adalah pengrajin dan bengkel pembuat Delman, pekerjaan yang satu ini di Kabupate Garut masih cukup menjanjikan sebagai lahan mengais rejeki, mengingat masih banyaknya Delman yang tetap beroprasi disejumlah ruas jalan di Garut.

Sejumlah pusat keramain di kota Garut seperti dikawasan Pasar Baru, Pasar Ciawitali, Pasar Limbangan dan Leles, masih terlihat Delman mendominasi ruang-ruang dikawasan-kawasan tersebut.

Tidak heran jika peluang usaha untuk membuka bengkel gerobak delman juga masih tumbuh subur. Seperti yang di lakoni oleh Maman Ubek (46) di Kampung Cipicung, Desa Cipicung Kecamatan Banyuresmi,  Kabupaten Garut.

Menurut Maman usaha miliknya sudah berdiri sejak tahun 1993 dan tetap dipertahankan secara turun temurun mulai dari orang tuanya hingga kini juga mulai digeluti anak-anaknya.

“alhamdulillah usaha saya ini sudah berjalan hampir 22 tahun, mulai dari tahun 1993 dan merupakan usaha turun temurun dari orang tua saya”, Kata Maman saat dijumpai,  Senin (14/9/2015).

Maman menambahkan sudah banyak gerobak delman yang dihasilkannya, untuk membuat satu gerobak delman ia membutuhkan waktu 20 hari mulai dari awal hingga finishing.

“Sudah banyak gerobak delman yang saya buat dan untuk proses pembuatannya saya membutuhkan waktu 20 hari,  paling cepat bisa sampai dua minggu itupun jika banyak yang membantu dalam pengerjaanya”, Ungkapnya.

Maman mengaku bisa menghabiskan modal 2,5 hingga 3 juta rupiah untuk membuat satu set gerobak delman yang sesuai dengan standar delman seperti yang banyak dijumpai dijalanan di Garut,

“Modalnya antara 2,5 hingga 3 jutaa dengan harga julan rata-rata sampai 6 juta-an kepada pemesaanya atau ada yang datang langsung membelinya kesini”, Tuturnya.

Maman juga mengatakan selain membuat gerobak delman,  ia juga menerima jasa perbaikan  gerobak delman yang sudah rusak dan biasanya para pelanggannya lebih memilih tukar tambah.

“ya selain membuat gerobak delman saya juga biasa memperbaiki delman yang sudah rusak ataupun juga menukar tambah, untuk memperbaiki gerobak delman biasanya saya memerlukan waktu 4-7 hari sesuai kerusakannya saja”, Pungkasnya.***Smkteam

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang