kota_banjar-300x196 USAHA & PRODUK  Banyak Pihak Bertanya, Apa Makanan Khas Kota Banjar?

Gerbang masuk kota banjar, foto istimewa

Gapura Kota Banjar ,- Kota Banjar sebagai salah satu daerah otonomi baru pecahan dari Kabupaten Ciamis hingga kini masih terus berbenah diri termasuk mencari berbagai identitas untuk penguatan potensi daerah.

Salah satu yang masih banyak dipertanyakan oleh berbagai pihak teruatam para pendatang yang singgah di Kota tersebut adalah mekanan khas baik untuk oleh-oleh atau sekedar jajanan yang bisa dinikmati para pendatang.

Sebagai Kota yang merupakan pintu gerbang provinsi Jawa Barat dari arah timur ini, sudah dipastikan seringkali dijadikan tempat transit bagi para pelancong dari luar kota.

Namun sejauh ini pula, Kota Banjar masih belum memiliki ikon kuliner maupun hasil kerajinan tangan atau handycraft yang menjadi ciri khas kota ini. Beberapa tamu dari luar kota sering kali menanyakan makanan apa yang menjadi khas Kota Banjar untuk dijadikan oleh-oleh bagi para tamu yang datang ke Kota Idaman tersebut.

Seperti yang diutarakan Ujang Suherlan (42) salahsatu karyawan Hotel Alam Segar di Kota Banjar. Menurutnya beberapa tamu yang menginap di hotel tersebut, kerap menanyakan apa makanan yang menjadi ikon atau oleh-oleh khas Kota Banjar. Adanya pertanyaan tersebut seringkali membuat dirinya bingung, karena sampai saat ini ia pun tidak tahu apa makanan khas Kota Banjar.

“Saya sendiri bingung menjawabnya, karena belum tahu apa makanan khas Kota Banjar ini”Ungkapnya baru-baru ini.

Hal serupa juga dikatakan Nandang (28) pemuda Kota Banjar. Ia menuturkan bahwa sampai sekarang belum ditemukan apa itu kuliner khas Kota Banjar. Dirinya menginginkan Banjar memiliki makanan khas yang original asli Kota Banjar dan tercatat di HAKI.

“Kami ingin ada makanan yang menjadi ciri khas Kota Banjar yang resmi dan original. Jangan hanya viaduc saja yang terkenal ke luar daerah dari Kota Banjar,”katanya sambil tersenyum.

Ditemui terpisah Buyung (40) salahsatu tokoh pemuda Kota Banjar lainnya juga menuturkan jika sampai sekarang Banjar belum memiliki makanan yang menjadi ciri khasnya, nantinya akan berdampak kepada anak cucu kita. Mereka tidak mengetahui makanan khas asal Kota Banjar.

“Kasihan kepada anak cucu kita, nantinya mereka bingung menjawab jika ada yang bertanya apa makanan khas dari Kota Banjar,”ucapnya

Buyung berharap, jika Kota Banjar sudah menemukan makanan yang menjadi ciri khasnya, menurutnya harus segera didaftarkan ke HAKI sehingga mempunyai hak paten yang tidak bisa di klaim oleh daerah lain.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Peridustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Banjar Sukirman mengatakan bahwa di Kota Banjar sudah ada satu jenis makanan yang akan menjadi ciri khasnya yakni Rangicok (Ranginang Coklat). Menurutnya, dipilihnya Rakicok karena tidak ada di daerah lain, dan produsinya pun kini ada di kota Banjar.

“Makanan khas Kota Banjar adalah Rangicok, selain tidak ada di daerah lain, juga produksinya pun ada di Kota Banjar sehingga mudah didapat untuk dijadikan oleh-oleh bagi tamu yang datang ke Kota Banjar,”ujarnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang