IMG-20160310-02163-300x225 USAHA & PRODUK  Harga Cabai dan Bawang Merah di Banjar Terus Naik

Salah satu pedagang Bawang Merah di pasar Banjar, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Harga cabai dan bawang merah di sejumlah pedagang sayuran di pasar tradisional Kota Banjar mengalami kenaikan dalam beberapa pekan terakhir ini.

Kenaikan harga kedua komoditi hasil pertanian tersebut dipicu oleh cuaca yang tidak menentu di daerah penghasil kedua bahan dasar bumbu masakan tersebut, sehingga stok di Kota Banjar tidak dapat terpenuhi.

Harga cabai merah yang biasanya Rp 35 ribu per kg, kini naik menjadi Rp 70 ribu rupiah/kg. Sedangkan untuk bawang merah, dari Rp 12 ribu rupiah menjadi Rp 35 ribu/kg nya.

Menurut Evi (35) salah satu pedagang bawang merah di pasa banjar mengatakan, sudah tiga minggu ini harga bawang dan cabai merah terus naik. Menurutnya selain faktor cuaca, juga akibat dari para bandar komoditi tersebut di Kota Besar mengambil langsung ke daerah penghasil bawang merah dan cabai merah di Jawa Tengah. Sehingga untuk di daerah kerap tidak kebagian stok.

“Dari Jawa Tengah langsung dikirim ke Bandung atau kota-kota besar di Jawa Barat yang ongkosnya bagus, sehingga di daerah seperti Banjar, Ciamis dilewat, dan ini yang membuat bawang dan cabai menjadi mahal,”Kata Evi, Kamis (10/3/2016).

Kenaikan harga ini dikeluhkan sejumlah warga konsumen (pembeli). Pasalnya harganya setiap bulan sering tidak menentu.

“Harga-harga kebutuhan pokok di Banjar memang selalu naik turun, dan ini sudah biasa,”kata Retno (39) pembeli sayuran di Pasar Banjar.

Ia berharap pemerintah agar secepatnya menurunkan harga-harga kebutuhan pokok.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang