USAHA PRODUK

BUMDes Motekar Kadungora Garut Terus Bergeliat


Gapura Garut ,- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Motekar Desa Karangmulya, Kecamatan Kadungora Garut terus bergeliat dengan berbagai kegiatan usahanya.

BUMDes yang merupakan salah satu dari 14 Desa yang ada di Kecamatan  Kadungora tetsebut menaungi warga  dari 18 Rw ,59 Rt, dengan 2562 KK dan 8164 jiwa.

Direktur BUMDes  Motekar, Heri Nurjaman   ditemui Jumat  ( 18/11/ 2016), mengatakan Bumdes yang dipimpinnya bertujuan untuk mendayagunakan segenap potensi sumberdaya yang ada di Desa. Karangmulya dengan meningkatkan perekonomian untuk kemajuan masyarakat sekitar.

Heri menyebutkan rencananya BUMDes segera melayani warung sembako dan warung sayuran sebanyak 321 warung dengan cara didistribusikan langsung ke warung warung sesusai kebutuhannya. 

“Termasuk gas LPG 3 kilogram dengan harga murah, ini untuk meringankan beban masyarakat kecil yang semakin terjepit dengan harga gas melon yang melambung tinggi dan susah di dapat,”Kata Heri

Selain mengelola warung-warung di Desanya lanjut Heri BUMDes juga akan melayani Pembayaran PLN, Pulsa All Oprator, BPJS, Asuransi, Tabungan, Tiket kareta Api, Tiket pesawat, dan asuransi kridit kendaraan bermotor serta kebutuhan masyarakat lainya.

Sementara itu Kades Karangmulya Edi Tito  sebagai pnasehat BUMDes Motekar  menjelaskan kunci utama keberhasilan Bumdes adalah bagaimana mendorong warga bersatu dan bekerjasama yang baik.

“tentu saja harus di barengi dengan trasparansi juga karena BUMDes ini lahir dari musyawarah Desa yang membentuk kesepakatan yang kemudian dituangkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang menjadi dasar pendirian Bumdes  ini “ungkapnya.

Edi menegaskab dengan adanya BUMDes warga Desa  beruntung karena tidak akan berangkat lagi ke pasar setiap subuhnya untuk belaja kebutuhan warung.

“Nanti akan di pasok setiap kebutuhan dagangannya dengan harga sama dengan pasar, itu suatu keuntungan bagi yang punya warung karena tidak mengeluarkan ongkos lagi,” ucapnya.

Tia Nurjanah salah satu pengelola warung sembako, mengakui dirinya sangat mengapresiasi atas kehadiran BUMDes tersebut.

“Semoga berjalan baik dan mendapat dukungan dari pemerintah Kabupaten Garut, karena rencananya sangat baik untuk meringankan beban masyarakat kecil,” Tegasnya.***Kus Kus Markuseu

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *