PERAJIN-ALAT-MUSIK-DENGAN-PERKAKAS-MANUAL-003_0001-300x169 USAHA & PRODUK  Yadi Mulyadi Pengrajin Alat Musik Dari Purwakarta

Yadi Mulyadi warga Purwakarta pengrajin Pembuatan Alat Musik dengan peralatan manual, foto Alex

Gapura Purwakarta ,- Yadi Mulyadi salah seorang warga yang tinggal di gang beringin Kelurahan Nagri Kaler,  Kecamatan Purwakarta,  Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat berhasil menyalurkan bakat seni dan kreatifitasnya melalui pembuatan berbagai jenis alat music.

Yadi  sejak tahun 2000 lalu telah merintis usaha sebagai perajin pembuatan berbagai jenis alat musik meski masih mengandalkan  peralat atau perkakas sederhana dan manual. Yadi hanya butuh sebuah  gergaji tangan,   martil,  golok, pisau karter,  tang juga obeng serta beberapa  perkakas lainnya yang semuanya masih manual tanpa bantuan mesin.

Hasil keterampilan tangannya, Yadi dapat menghasilkan jenis alat music berta gitar akustik,  gitar elektrik juga alat musik cajon atau drum box  dengan kualitas tidak kalah dengan hasil produksi pabrikan yang sudah serba mesin.

“Sejak tahun 2000 saya menggeluti kegiatan ini dengan membuat beberapa jenis alat musik yang kira-kira saya mampu dan bisa saya kerjakan diantaranya gitar akustik, kemudian gitar elektrik dan cajon” Kata Yadi Mulyadi saat ditemui dirumahnya, Selasa (10/1/2017).

Yadi menyebutkan dari hasil keterampilan tangannya sudah banyak orang yang memesan dan membeli alat music buatnnya untuk souvenir ataupun koleksi pribadi baik untuk digunakan ataupun hanya menjadi pajangan dirumah.

“Banyak yang sudah memesan dan membeli alat musik yang saya hasilkan, kebanyakan untuk koleksi pribadi ada yang dating dari cikampek, kerawang, subang juga ada yang memesan kesini,”ungkapnya.

Yadi menambahkan untuk bisa membuat sebuah gitar akustik atau gitar elektrik ia terlebih dahulu  harus menyiapkan bahan baku berupa kayu pilihan.

“bahan yang saya gunakan kebanyak dari kayu mahoni,  sono keeling, meranti dan kayu sipruce dan semuanya dikerjakan menggunakan alat-alat manual saja,”Tuturnya.

Lama  proses pembuatan satu buah gitar rata rata bisa tiga minggu hingga satu  bulan tergantung cuaca yang bisa memepengaruhi proses pembuatan.

Sementara itu untuk harga satu gitar akustik di bandrol dengan harga antara Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu rupiah. Sedangkan untuk gitar elektrik dari mulai harga Rp. 1,2 juta rupiah, hingga 2 juta rupiah tergantung dari kelengkapan spare part gitar yang di pesan pembelinya.***Alex

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang