P_20170124_143854-300x169 USAHA & PRODUK  Kerajinan Miniatur Perahu Asal Purwakarta Diminati Banyak Pemesan

Arifin warga Purwakarta pengrajin miniatur perahu saat merakit kerajinannya, foto Alex

Gapura Purwakarta ,- Kerajinan miniatur perahu Finishi dan jenis model perahu lainnya, di tangan salah seorang warga Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, menjadi sebuah karya seni bernilai puluhan juta rupiah. Para pembelinya pun tidak hanya datang dari  Indonesia, namun sejumlah peminat asal Malaysia juga telah banyak yang memesannya.

Arifin (45) warga blok D 45 Perum Jasa Tirta II Jatiluhur, Desa Jati Mekar, Kecamatan Jatiluhur,  Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, telah menghasilkan karya seni berupa miniatur perahu tradisional, hingga dikenal banyak konsumen dan peminat dari berbagai kota di tanah air hingga keluar negeri.

Sejak 10 tahun lalu, Arifin merintis kerajinan miniatur perahu tradisional dari berbagai daerah, seperti perahu Finsihi dari Bugis, perahu Lancang Kuning dari Riau, perahu Majapahit dari Jawa, perahu Sriwijaya dari Palembang, serta beberapa perahu tradisional lainnya.

Dari hasil karya seni miniatur perahu tradisional yang selama ini digeluti Arifin telah menjadi sumber penghasilan  sebagai ladang usaha yang mampu menghidupi kebutuhan keluarganya. Hasil karya tangan kreatif Arifin ini memiliki nilai ekonomis cukup tinggi, mulai harga Ratusan Ribu hingga Belasan Juta Rupiah.

“Alhamdulilah banyak pemesan dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada pemesan yang jauh-jauh datang dari Malaysia” Kata Arifin saat ditemuai disela-sela menyelesaikan pembuatan satu kerajinan miniatur perahu di rumahnya baru-baru ini.

Dalam satu pekan, Arifin bisa membuat kerajinan miniatur perahu sebanyak dua buah perahu berukuran besar  dan 10 buah untuk ukuran kecil, tergantung tingkat kerumitannya.

Pemesan kerajinan miniatur perahu tradisional ini biasanya datang  dari berbagai daerah seperti Makasar, Balikpapan, Jakarta, Bandung, dan beberapa daerah lainnya, termasuk pemesan dari Negara Malaysia dan beberapa negara lainnya.***Alex

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang