sembako-gambar USAHA & PRODUK  Jelang Ramadhan,  Harga Kebutuhan Pokok Mulai Merangkak Naik

kebutuhan Pokok, gambar ilustrasi

Gapura Garut ,- Sejumlah bahan kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan di Pasar Guntur Ciawitali, kembali mengalami kenaikan. Para pedagang pun mulai resah dan meminta agar pemerintah segera melakukan operasi pasar untuk menekan harga.

Menurut Ahmad Adi (60), salah seorang pedagang sayuran pasar Ciawitali Garut, kenaikan harga bawang putih yang paling mencolok. Dari harga Rp 35 ribu per kilonya pada bulan lalu, kini sudah menembus harga Rp 50 ribu per kilogram.

“Bukan hanya harganya yang terus naik. Pasokan barang juga sulit didapat. Akibatnya harga terus berubah setiap harinya,”Kata Ahmad ditemui Pasar Guntur, Minggu (7/5/2017).

Ahmad dan rekan rekannya sesama pendagang pasar berharap Pemkab Garut segera mengambil sikap dengan menanggulangi kenaikan harga tersebut.

“Jika terus menerus naik, maka menjelang Ramadan harga bawang puting akan sulit untuk kembali ke harga normal,”ungkap Ahmad

Kenaikan harga bawang putih, Lanjut Ahmad, sebenarnya sudah terjadi hampir tiga kali dalam satu pekan ini.

“Jika kondisi tidak berubah, saya memperkirakan harga bawang putih bisa kembali melonjak ke angka Rp 80 ribu per kilo. Ini akan sangat memberatkan konsumen dan kami pedagang juga susah menjualnya,”Tuturnya.

Solihin (45), pedagang lainnya menyebutkan hanya selama ini ia hanya menjual bawang dalam jumlah yang  kecil dan terbatas  karena harus menjaga stok barang yang di kiosnya.

“Banyak pembeli yang tidak kuat membeli dalam jumlah besar. Paling dicicil 1/4 kilo karena harganya lumaya,” ucapnya

Solihin menduga mahalnya harga beli dan harga jual bawang putih di pasaran disebabkan minimnya stok barang. “Kami memang tidak bisa berbuat banyak dengan kondisi saat ini yang cukup merugikan. Hanya berharap pemerintah segera turun tangan,”Tuturnya.

Berdasarkan pantaun, harga sejumlah komoditas berangsur naik. Seperti kentang dari Rp 10 ribu per kilogram menjadi Rp 16 ribu per kilo. Kacang tanah menjadi Rp 26 ribu dari Rp 20 ribu per kilo.

Sementara harga tomat mengalami penurunan dari Rp 8 ribu menjadi Rp 4 ribu per kilogram. Sedangkan cabai keriting berada di kisaran Rp 50 ribu per kilogram. Harga daging ayam pun masih stabil sebesar Rp 28 ribu sampai Rp 30 ribu per kilo.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang