KULINER USAHA PRODUK

Mahkota Coffee Garut Kembangkan Minuman “Cascara Tea”

Pemetik Kopi Garut, foto istimewa

Gapura Garut ,- Sejumlah pengusaha asing mula terus berdatang ke Garut untuk mengetahui langsung proses pembuatan kopi Garut yang diakuinya kini sudah mendapatkan pasar signifikan disejumlah negara pecinta kopi.

Kini para pengusaha dan penggiat kopi di Garut juga sudah mengembangkan “Cascara Tea”. Cascara merupakan teh yang berasal dari kulit ceri kopi. Teh tersebut mempunyai cita rasa yang unik karena bahan bakunya berasal dari kopi.

Meski dari kopi, saat diminum cascara tak memiliki rasa kopi. Rasanya seperti teh namun memiliki rasa manis dan asam yang khas dari kopi.

“Cascara ini kita ketahui dari orang luar sekitar akhir tahun 2014. Ternyata dari kulit kopi ini bisa dimanfaatkan dan mempunyai nilai jual,” ujar Hari Yuniardi, pemilik Mahkota Coffee saat ditemui di rumahnya Jalan Raya Bayongbong, Senin (17/7/2017).

Hari menyebutkan Cascara tea mempunyai manfaat  Antioksidan untuk kebugaran tubuh bahkan diyakini lebih tinggi dari kandungan antioksidan yang ada pada bawang putih. Orang luar negeri pun sangat menyukai cascara dari Garut.

“Ada dua jenis yang diolah untuk cascara. Pertama dari hasil pengupasan mesin pengupas buah, hanya saja rasanya terlalu nendang bagi penikmatnya. Kedua hasil dari pengupasan buah kopi lalu diolah secara natural atau dijemur alami,” ucapnya.

Hari menyebut olahan secara natural lebih disukai para konsumen karena rasanya yang lebih lembut. Hanya saja prosesnya bisa memakan waktu hingga satu bulan.

“Bisa sampai satu bulan untuk dijemur. Buah merah harus dibolak balik. Tergantung cuaca juga prosesnya,” katanya.

Produkai cascara lanjut Hari, sangat terbatas karena proses yang panjang. Per enam bulan, ia hanya bisa memproduksi sekitar dua ton. Faktor cuaca menjadi penentu kualitas cascara.

“Banyak yang gagal juga karena masalah cuaca. Kalau keburu busuk enggak bisa dipakai, harus diganti lagi dan diproses dari awal,” ujarnya yang sudah memulai usaha kopi sejak 2010.

Cascara dari Garut tersebut kini sudah merambah pasar luar negeri. Hongkong, Singapura, dan Amerika menjadi konsumen rutin cascara. Bahkan cascara dari Garut sudah dites di Amerika dan memiliki kualitas yang sangat baik.

“Untuk lokal memang masih banyak yang belum mengetahui. Tapi di sejumlah kafe di Garut sudah dipasarkan biar orang tahu ini adalah produk Garut,” ucapnya.

Untuk harga jual Cascara di pasar lokal sekitar Rp 40 ribu per kilogram. Namun di luar negeri harganya bisa mencapai Rp 70 dolar.***JMB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *