DSC_0487_0001-300x199 USAHA & PRODUK  Bupati Garut Sebut Harga Beras di Garut Saat Ini Mahal

Bupati Garut Rudy Gunawan saat melakukan sidak dipasar Ciawitali, Kamis (26/2/2015) foto jmb

Gapura Garut ,- Bupati Garut Rudy Gunawan mengakui saat ini harga beras di Kabupaten Garut mengalami kenaikan cukup signifikan.

“Stock beras cukup hanya saja memang harganya mengalami kenaikan, mungkin karena dari sisi pasokannya yang sangat terbatas. Garut ini menerima beras dari hasil panen sendiri, ada juga beras dari Tasikmalaya bahkan ada dari Cilacap juga,”kata Rudy saat dikonfirmasi, Senin (15/1/2018).

Menurutnya saat ini juga di Garut sedang mengalami musim panen padi dibeberapa lokasi terutama dilokasi-lokasi percontohan seperti panen raya yang di Lakukan di Kecamatan Kadungora Garut.

“ada panen raya sekitar 65 Hektar menghasilkan sekitar 300 ton Gabah kering, namun memang belum dapat mencukupi kebtuhan lokal karena para petani Garut sudah memiliki pasar untuk menjual hasil produksinya seperti ke Jakarta dan beberapa kota lainnya, sementara beras ke Garut juga yang datang malah dari luar,”ungkapya.

Rudy juga mengakui tengah memikirkan formulasi yang tepat untuk mengatur alur distribusi dan pemasaran gabah hasil produksi Garut agar oleh para pengepul tidak dijual ke luar Garut melainkan bisa dikonsumsi secara lokal oleh warga Garut.

“Ini memang sangat tergantung dari para pengepul Gabahnya sendiri, kalau mereka mau menjual berasnya ke Garut tentunya Garut dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, namun karena ada selisih harga kemungkinan memang pengepul lebih suka menjualnya keluar kota,”Tukasnya.***JMB

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang