USAHA PRODUK

Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Banjar Mulai Naik

daging naik

Gapura Kota Banjar ,- Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, harga daging ayam dan kebutuhan pokok lainnya di Pasar Banjar mulai merangkak naik. Satu kilogram daging ayam yang semula Rp 28 ribu, kini naik menjadi Rp 34 ribu. Selain ayam potong, harga yang mulai naik adalah komoditi bawang merah dan beberapa jenis sayur mayur.

Menurut sejumlah pedagang di Kota Banjar,  Kenaikan ini dipicu permintaan yang tinggi namun tidak diimbangi dengan persediaan sehingga berimbas kepada konsumen.

“Kenaikan harga ini biasanya pasokan berkurang sehingga para pedagang berebut dan berimbas pada kenaikkan harga, saat ini ayam potong sudah mencapai Rp 34 ribu/kg,”Kata Wawan salah seorang pedagang, Selasa (9/6/2015).

Wawan menambahkan, sejauh ini pasokan masih aman dan terpenuhi, namun kenaikan harga tetap tidak terbendung lagi yang akhirnya memaksa para pedagang pasar untuk ikut menaikan harga.

“Hal ini sudah biasa, setiap menjelang puasa maupun lebaran, harga kebutuhan pokok pasti selalu naik,”imbuhnya.

Selain harga ayam, harga bawang merah pun turut mengalami kenaikan, dimana harganya kini sudah mencapai.

Fitri salahsatu pedagang sayuran mengatakan, sebelumnya harga bawang merah masih dikisaran 27 ribu, namun kini menjadi Rp 32 ribu.  Hal ini karena para suplayer kembali menaikan harga dengan berbagai alasan.

“Alasan naiknya harga bawang karena sulitnya pasokan ditingkat petani akibat gagal panen dan kurang bagusnya tanaman bawang petani, dengan hal ini, sehingga kami terpaksa menaikan harga kepada konsumen,”ujarnya.

Sementara itu, Wina salahsatu pembeli mengatakan, dengan kenaikan harga-harga bahan pokok menurutnya sudah tidak aneh lagi. Menurutnya, jika menjelang puasa atau lebaran sudah dipastikan harga bahan pokok pasti naik.

“Sudah tidak aneh jika mau puasa atau lebaran pasti harga kebutuhan pokok naik, dan karena saya butuh mau tidak mau ya harus dibeli walaupun harganya naik,”ujarnya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *