PILKADA SOSIAL POLITIK

KPU Garut Terus Lakukan Penyortiran Surat Suara Pilkada Gubernur

Proses Penyortiran Surat Suara oleh KPU Garut, foto dok

Gapura Garut ,- Jelang pelaksanaan Pencoblosan Pilkada serentak Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat tengah terus melakuka penyortir surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) sebelum akhirnya didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Garut.

Ketua KPU Garut Hilwan Fanaqi mengatakan pihaknya segera menyelesaikan proses tersebut, “Surat suara kita sortir dulu apakah ada yang rusak atau tidak, baru nanti didistribusikan ke tingkat Kecamatan,” kata Ketua KPU Kabupaten Garut Hilwan Fanaqi, Selasa (29/5/2018).

Hilwan menyatakan hasil proses sortir sementara ditemukan beberapa surat suara yang rusak, untuk selanjutnya dipisahkan dan dilaporkan ke KPU Provisi.

“untuk penyortiran sendiri kami melibatkan tenaga kontrak sebanyak 200 orang yang bertugas memeriksa sebanyak 1,8 jutaan surat suara. Target kami bisa selesai sebelum distribusi KPU ke PPK sekitar pertengahan Juni jadi masih cukup lama waktunya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Garut, Asep Burhan menyatakan, pihaknya akan  terus melakukan pengawasan terhadap  aktivitas penyortiran surat suara Pilgub Jabar yang dilaksanakan di sebuah gudang, di Kecamatan Banyuresmi.

“ pengawasan dalam proses penyortiran itu penting karena berdasarkan pengalaman sebelumnya seringkali ditemukan surat suara yang kondisinya rusak terdistribusikan ke PPK. Itu akibat petugas sortir tidak teliti, tidak terkontrol, harusnya dilihat dulu, sebelum didistribusikan,” ujarnya.

Asep Burhan menyebut pengawasan telah dilakukan tidak hanya saat penyortiran tetapi mulai dari datangnya surat suara ke Garut, hingga nanti pendistribusian ke tingkat kecamatan, desa, hingga tempat pemunggutan suara. “terus kita kawal dan awasi bersama”, tegasnya.

Sementara itu, sebagaimana diketahui peserta Pilgub Jabar diikuti empat pasangan yakni nomor urut 1 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, nomor urut 2 TB Hasanudin-Anton Charliyan, nomor urut 3 Sudrajat-Syaiku, dan nomor urut 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.***JMB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *