OLOHOK1-300x224 GAPURANA  "OLOHOK"

Olohok Kembang Durian

Oleh; Asep Rizal

Gapura Indonesia News;

Kekayaan bahasa Nasional kita sudah tak bisa terbilang lagi hitungan “Ke-Khususannya” itulah barangkali yang penulis akan Ungkapkan pada sesi sebuah tulisan kali ini.

Kekayaan   bahasa itu jelas tak akan  ada tandingnya  dan kita akui bahwa Bahasa Nasional kita itu merupakan bagian sisi Komunikasi yang tiada tandingannya bila kita bandingkan dengan Bahasa Asing apapun nama Bahasa itu di Dunia yang kita diami ini.

Namun ada yang “lebih” hebat lagi dari Bahasa Nasional kita itu sebetulnya ,kita punya Bahasa Daerah yang  kita mesti junjung tinggi sebagai bahasa syarat makna dan syarat artinya.

Kita simak secuil bahasa Daerah  dari daerah  Sunda , dalam hal ini penulis akan menyampaikan sebuah nama Bunga yang berasal dari bahasa Daerah Pasundan (Bahasa Sunda).

Seperti keunikan Nama  Bunga Durian dalam bahasa Sunda itu adalah bernama  OLOHOK  , bunga durian atau putik sebelum jadi buah yang kelak akan jadi buah yang amat lezat dan terkenal dengan kewangian buahnya yang khas itu sangat unik menurut beberapa ahli bahasa di dunia .

Bila di artikan dengan Bahasa Nasional kata Olohok itu adalah  Melongo , Bengong,atau gambaran orang yang heran dengan mimic muka yang lucu lalu bilang “Ooooooo! .

Entah apa yang termaksud dari penamaan Bunga Durian itu beratus-ratus tahun yang lalu ketika nama Bunga Durian tersebut pertama kalinya di namai Olohok  tersebut.

Penulis akan buat sebuah ungkapan Dasar dari perkataan orang-orang pasundan pada Sesi Tulisan kali ini

-“ Ulah sok ngadon Olohok Wungkul !“ (Jangan Hanya  Melongo Saja) Atau sebuah Ungkapan

– “ Manehna  ngan Olohok wen di Juru Imah teu pisan bisa gawe “ (Dia hanya bisa “Melongo/Melamun dengan mimic muka yang tertekuk” di Sudut Ruangan Rumah tak bisa bekerja).

Dalam hal ini penulis tak bisa mencari asal- muasal Nama Bunga  Pohon Durian dengan ungkapan Bahasa Sunda  tersebut , karena mungkin miskin Referensi atau tak pernah melakukan Observasi sedikitpun tentang Asbabunnujuul (Asal Keluarnya) ungkapan Nama Bunga itu sesungguhnya.

Namun kekayaan bahasa Daerah kita itu sewajarnya pula  bila  kita bilang “Hebat,,!” karena kesepahaman warga pasundan dari defenitifnya Nama Bunga Pohon Durian tersebut , telah tidak akan perlu lagi mempertanyakan hal tersebut kepada Ahli bahasa Sunda sekalipun  , karena bila orang Sunda  menyebut Bungan durian  tersebut dengan nama  Olohok maka semua telah mafhum adanya.

Kesimpulan;

Warna bahasa Daerah kita dari berbagai Pulau yang tersebar di sepanjang jamrud Khatulistiwa sangatlah kaya makna , dengan tanpa Exes apaun , perlu di ketahui pula Olohok itu sebetulnya sedang terjadi di antara kita sebagai  Bangsa Indonesia yang “Hanya Olohok” menyikapi tindakan Pemerintahan Baru kita yang katanya akan Menaikan BBM dengan berbagai dalih dan Argument.

Mungkin hari esok itu akan menjadikan Aku dan Kau (Kita) akan jadi Orang-orang Indonesia yang hanya Olohok dan kita hanya  akan berkata,,,”Ooooo,,,,!” dengan mulut yang menganga plus mimic muka lucu .


Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang