OLAHRAGA

Komunitas Skateboard Banjar Berharap Dibangunkan Tempat Latihan Khusus

1533715_830812357006251_7360016499457908052_n

Gapura Kota Banjar .- Skateboard merupakan salah satu olahraga bagi anak muda. Tidak kalah dengan kota-kota besar, di Kota Banjar, Jawa Barat  jenis  olahraga ini kini terus manunjukkan perkembangan yang makin marak dan eksis.

Seperti di Langensari, ada satu komunitas Skateboard yang menamakan dirinya Langen Skate & BMX. Komunitas ini berdiri sejak 2013 lalu dan kini sudah mempunyai 24 anggota aktif.

Ilham Firmansyah (21) selaku ketua Langen Skate & BMX mengatakan bahwa komunitasnya menggelar latihan bersama setiap malam di kawasan alun-alun Langensari, atau di halaman kecamatan Langensari.

“Setiap malam kami kumpul dan menggelar latihan sekitar pukul 21.00 WIB sampai dengan selesai,”Ungkapnya, Senin (13/4/2015).

Ia menambahkan, anggota komunitas ini memiliki latar belakang yang beragam, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga karyawan atau yang sudah memiliki pekerjaan.

“Untuk bergabung dengan kami tidak ada persyaratan yang sulit, dan kami sangat terbuk bagi siapa saja yang ingin gabung,”imbuhnya.

Indra Sofyan, anggota lainnya menuturkan, tidak selamanya latihan skateboard itu mudah dan lancar. Menurutnya komunitasnya seringkali diusir petugas kecamatan jika tengah latihan di halaman kecamatan.

“Kami kerap dilarang jika melakukan latihan di halaman kantor kecamatan,”tuturnya.

Indra menambahkan, karena sering dilarang latihan di halaman Kantor Kecamatan Langensari, akhirnya komunitas ini pun kini berlatih dibawah Fly Over Langensari.

“Karena tidak ada tempat untuk latihan, untuk sementara kami latihan dulu disini,”imbuh Indra.

Boni, salah satu tokoh pemuda Langensari yang juga sekaligus ketua Komunitas LANGIT mengatakan, dengan adanya kreatifitas positif anak muda ini, dirinya berharap ada peran aktif dari pemerintah Kota Banjar kepada komunitas-komunitas skateboard yang ada di kota Banjar.

“Saya berharap kepada pemerintah, agar bisa menyediakan tempat latihan Skateboard dan BMX,”harapnya.

Boni menambahkan, dengan adanya peran aktif dari pemerintah, nantinya para kaum muda ini terpacu semangatnya untuk terus berkreasi dan berekspresi yang sifatnya positif dan menghindari dari segala hal yang berbau negatif.

Sementara itu Camat Kecamatan Langensari Asno Sutarno mengatakan, pihaknya sejauh ini tidak pernah melarang atau bahkan mengusir anak-anak yang sedang latihan Skateboard. Menurutnya, ia justru mendukung kegiatan tersebut.

“Kami tidak melarang, justru kami sangat mendukung dengan kegiatan mereka, dan jika ada yang melarang latihan di halaman kecamatan, itu bukan dari pihak kecamatan,”ujarnya.

Asno menambahkan, pihaknya akan mengundang komunitas Skateboard tersebut  untuk mencari solusi dan memikirkan tempat bagi mereka untuk latihan.

“Kami siap membantu memfasilitasi tempat untuk latihan, sehingga anak-anak muda berbakat ini dapat berlatih dengan aman dan nyaman,”tutupnya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *