Gapura Garut ,- , Kejuaraan Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) yang digelar Pengurus Daerah  (Pengda)  Garut berlangsung sukses.

Kejuaraan Karate antar Dojo Inkanas se Kabupaten Garut  tersebut memperebutkan piala Kapolres Garut, “Kapolres Cup Garut 2016” yang berlangsung di Lapangan SAS Garut.

Kejuaraan tersebut dilakukan Pengda Inkanas untuk menggali kembali potensi atlet Karate asal Garut untuk bisa semakin berprestasi di kancah yang lebih tinggi.
Kapolres Garut AKBP Arif Budiman yang juga Pengurus Pengda Inkanas Garut mengatakan Garut sebetulnya memiliki banyak atlet karate yang potensial, bahkan tidak sedikit yang memiliki nama di taraf nasional dan internasional. 

“Dengan melihat sejarah itu, kami bersama Inkanas Garut sengaja menggelar kejuaraan agar bisa semakin menggali potensi atlet karate di Garut. Out put yang kita harapkan bukan hanya memiliki nama di daerah saja atletnya, namun juga bisa ke ajang yang lebih tinggi,” Kata Arif Kepada wartawan, Minggu (27/11/2016).

Menurutnya pihaknya juga berharap olah raga karate ini akan menjadikan atlet yang mampu menjadi pemersatu bangsa.

“Para siswa-siswa yang biasa melakukan aksi kekerasan di tawuran dan lainnya, bisa mengalihkan ke hobi olah raga fisik karate sehingga bisa tereksplor kemampuan dan keberaniannya,”ungkapnya.

Kejuaraan tersebut lanjut Arif berlangsung yan  mulai Sabtu 26 Nopember 2016 dengan diikuti oleh 24 dojo Inkanas di Garut dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

“Pada kejuaraan ini mereka mengeksplor kemampuannya. Kedepannya, Garut ini memiliki mantan pelatih yang berkualitas, jadi akan kita panggil kembali agar mau melatih atlet yang besaral dari Garut,” Tuturnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Harian Inkanas Garut, U Basuki Eko mengatakan perkembangan karet di Garut cukup bagus, termasuk didalamnya BKC (Bandung Karate Club).

Hal tersebut dibuktikan dengan selalu di ikutinya setiap event yang dilaksanakan di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional juga internasional oleh atlet asal Garut.

“Untuk pemasalahan sendiri hanya di fasilitas gedung, tapi sekarang kan pemerintah sedang membangun gedung olah raga, termasuk untuk bela diri. Gedung ini memang menjadi permasalahan, termasuk untuk menggelar kegiatan, karena kalau kita mau menggelar kegiatan harus ada standar yang dipenuhi,”Ungkap Eko yang kini menjabat Camat Garut Kota.

Eko menambahkan untuk sarana latihan karate selama ini tidak ada masalah, terlebih saat ini tidak sedikit instansi yang membuka tempat latihan seperti Kodim 0611, Dishub, Polres, sekolah sekolah, hingga kantor kecamatan. 

Hingga saat ini kata Eko jumlah anggota aktif Inkanas di Garut mencapai 500 orang lebih.

“Memang event Kapolres Cup ini baru digelar, karena biasanya kita langsung ikut ke event Kapolda atau Kapolri Cup yang dilaksanakan rutin setiap tahun, kedepan insy a Allah kegiatan ini akan rutin dilakasnakan,”Tegasnya.***Margogo

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang