Saling Bermaafan warga binaan Lapas Klas III Kota Banjar dalam acara munggahan, foto Hermanto

Saling Bermaafan warga binaan Lapas Klas III Kota Banjar dalam acara munggahan, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1437 H, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III Kota Banjar, Jawa Barat  menggelar acara “munggahan” antara seluruh warga binaan dengan para petugas bertempat di Masjid Baiturrahman Al Munibin Kompleks Lapas Banjar, Sabtu (4/6/2016).

Kegiatan Munggahan tersebut selain menandai akan datangnya bulan suci Ramadhan juga menjadi  ajang untuk memupuk silaturahmi serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kepala Lapas Banjar, Kadek Anton Budiharta mengatakan, bahwa acara “munggahan” merupakan sebuah tradisi lama di tanah sunda, yang artinya naik ke tingkat yang lebih tinggi.

“Munggah itu dalam bahasa sunda artinya naik ke tingkat yang lebih tinggi, sehingga dalam hal ini kita menjalin silaturahmi, mensucikan, dan mempersiapkan diri baik lahir maupun bathin dalam memasuki  bulan yang lebih mulia yakni bulan suci Ramadhan,”Kata Kadek Anton ditemui disela-sela acara.

Dalam acara tersebut seluruh warga binaan dan para petugas Lapas mendapatkan tausyiah agama, kemudian acara diakhiri dengan bersalaman antara seluruh pejabat Lapas, pegawai, serta warga binaan untuk saling memaafkan dan menyantap makan siang yang telah disediakan pihak Lapas.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com