gunung-papandayan PARIWISATA BUDAYA  Banyak Pengunjungnya, Petugas BKSDA Garut Telah Siap Amankan Taman Wisata Alam

Gunung Papandayan, foto Istimewa

Gapura Garut ,- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat Seksi Konservasi Wilayah V Garut Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III telah menempatkan sejumlah petugasnya dimasing-masing kawasan Taman Wisata Alam untuk  menyambut kedatangan para wisatawan selama liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2016.

Masing-masing Taman Wisata Alam yang meliputi  TWA Kawah Gunung Talaga Bodas, TWA Kawah Gunung Papandayan, dan TWA Gunung Guntur yang berada di wilayah Kabupaten Garut, serta TWA Kawah Gunung Kamojang yang masuk wilayah administratif Kabupaten Bandung rata-rata di tematkan 7 sampai 8 orag petugas BKSDA.

“Kami telah menempatkan petugas di masing-masing TWA dengan jumlah personil rata-rata 7 sampai 8 orang”, Kata Toni Ramdhani, Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Garut BKSDA Jabar III, Jumat (25/12/2015).

Manurut Toni,  selain menempatkan personilnya, pihaknya juga telah melakukan kordinasi dengan pihak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Garut untuk mengenali titik-titik rawan bencana, khususnya ancaman bencana longsor di kawasan TWA maupun pada jalur masuk kawasan tersebut.

“Kami bersama BPBD Kabupaten Garut sangat mewaspadai Jalan Raya Samarang-Kamojang, dan Wanaraja-Talaga Bodas yang terdapat sejumlah tebing rawan longsor. Sebagaimana kita ketahui Garut beberapa kali terkena gempa, sehingga telah terjadi  perubahan geomorfologi. Retakan-retakan akan sangat rawan terjadi longsor saat tertima hujan deras”, Tuturnya.***TG


Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang