Retakan bagian badan jembatan terlihat mengangah, foto Abun

Retakan bagian badan jembatan terlihat mengangah, foto Abun

Gapura Pangandaran ,- Amblasnya jembatan  Ciputrapinggan  yang berada di Desa Babakan,  kabupaten  Pangandaran masih berdampak terhadap aktifitas sosial-ekonomi warga setempat yang mendadak  terhambat.

Arus transportasi roda empat  terpaksa harus terhenti  dan warga pengguna kendaraan tersebut  terpaksa harus turun berjalan kaki dengan melewati jembatan atau dibadan jalan amblas dengan membawa barang bawaannya untuk kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan lain yang ada disebrang jembatan amblas tersebut.

Bukan  hanya bagi warga setempat,  para wisatawan domestik yang hendak memasuki kawasan wisata Pangandaran dengan  bersepeda motor terpaksa harus balik arah karena tidak bisa melintasi jembatan tersebut atau menggunakan jembatan alternatif dengan melewati jembatan  sisa rel kereta api peninggalan jaman belanda dulu.

Secara gotong-royong dan sukarela sebagai bentuk kepedulian,  warga setempat dibantu aparat dari berbagai intansi terkait bersama-sama memberikan  alas pada jembatan eks rela kereta api tersebut agar dapat dilintasi para pengguna jalan yang hendak melintasi kawasan tersebut menuju Pangandaran.

Secara langsung putusnya jembatan Ciputrapinggan karena amlas  sangat berdampak terhadap kunjungan pariwisata yang menjadi andalan Kabupaten Baru di Jawa Barat pemekaran dari Kabupaten Ciamis tersebut.

“Sekarang memang smenjak jembatan terputus karena mblas kunjungan wisatawan berkurang, tempat makan saya juga sepi pengunjung,” Kata Fatimah, pengelola restoran seafood Kijang Mas dipantai Pangandaran.

Menurut Fatimah jika biasanya setiap akhir pekan menjadi andalan penghasilan usahanya kini sama sekali tidak dapat diandalkan lagi.

“Libur akhir pekan itu yang paling kita tunggu tunggu karena biasanya pengunjung yang berwisata ramai, tapau sekarang  memang menjadi sepi,”Ungkapnya.

Fatimah berharap kondisi tersebut segera dapat diatasi piahk pemerintah agar usaha warga yang bergerak disektor pariwisata dalap kembali pulih.

Sebagaimana diketahui  jembatan Ciputrapinggan mendadak  ambruk  pada Minggu 9 oktober 2016 lalu.  akibatnya jalan menuju pantai Pangandaran dari Ciamis, banjar dan sebaliknya lumpuh total.

Jembatan tersebut terus mengalami pergerakan hebat  bahkan  pipa PDAM pun ikut putus dan terbawa hanyut air sungai yang sangat besar saat peristiwa amblasnya jembatan tersebut terjadi.***Dedi/Abun

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com