IMG-20161219-04236-300x225 PARIWISATA BUDAYA  Wahana Bermain Tidak Berubah, Banjar Waterpark Sepi Pengunjung

Bagian depan Kawasan Banjar Waterpark tampak lenglang dan sepi, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Banjar Waterpark (BWP) merupakan satu-satunya tempat wisata air terbesar di Kota Banjar. Namun kondisi  BWP yang dulu selalu ramai pengunjung dan menjadi kebanggaan warga karena memiliki wahana unggulan seluncuran Boomerang dan Superbowl, kini seakan mati suri dan sepi pengunjung.

Bahkan kini rombongan dari setiap sekolah di Kota Banjar, lebih memilih ke tempat objek wisata air yang ada di wilayah Rancah-Kabupaten Ciamis daripada ke BWP.

Berdasarkan pantauan dilapangan suasana di BWP memang terlihat sepi jangan pada hari-hari biasa pada hari libur sekalipun hampir sama. Menurut sejumlah sumber yang berhasil dimintai tanggapannya, sepinya pengunjung BWP saat ini disinyalir akibat dari wahana koleksi BWP selama ini terkesan monoton.

Didalam arena lokasi bermain tersebut juga tidak ada lagi  hiburan padahal seharusnya dimeriahkan oleh pentas-pentas hiburan yang dapat merangsang para pengunjung.

“Sudah lama baru kesini lagi,  tapi kini BWPnya juga  sepi tidak seperti dulu,”Kata Elisa (23) salahsatu pengunjung yang sempat dijumpai dilokasi belum lama ini.

Elisa juga mengaku heran dan keget dengan kondisi BWP saat ini yang tampak sepi padahal sudah mau memasuki masa libur panjang Natal dan Tahun Baru. “Dulu saya bersama keluarganya jika memasuki hari libur selalu berkunjung ke BWP untuk rekreasi,”ucapnya.

Selain Elisa sejumlah warga lainnya namun enggan disebutkan namanya menyampaikan keluhan yang sama, mereka menyebutkan banyak rombongan anak-anak sekolah dari Banjar kini lebih memilih berkunjung ke tempat wisata air yang berada di Wilayah Rancah.

“Bukannya tidak mendukung program pemerintah, namun kalau wahana di BWP itu-itu saja, saya khawatir siswa-siswi menjadi jenuh, sehingga untuk sementara kami pun mengajak siswa siswi untuk berekreasi ke tempat wisata air di Rancah,”Kata salah seorang Guru SD yang merahasiakan namanya.

Sepinya pengunjung BWP ditanggapi Muhammad Dillah salah seorang staf kementrian Pariwisata. Menurutnya bagian marketing di BWP harus terbuka dan  harus lebih canggih dalam paket wisata rombongn, sehingga managemen marketing harus bisa mengangkat kembali identitas Banjar Waterpark yang sudah aura wisatanya redup.

“Banjar Waterpark itu keren, namun pengelolaannya harus lebih ditingkatkan minimal bisa ada daya beli dari pengunjung dan bisa menjual prodak unggulan. Selain itu manageman harus kreatif, inovatif, dan produktif,”kata pria yang kerap disapa Ubed ini.

Menanggapi hal ini, kepala bagian umum Banjar Waterpark, Yanto membenarkan jika BWP selama ini selalu sepi. Menurutnya, sepinya pengunjung ke BWP akibat dari wahana yang terkesan monoton. Ia pun bersama tim marketing BWP sudah melakukan promosi, namun hasilnya belum memuaskan.

“Memang benar, selama ini bwp selalu sepi, namun kami pun sudah semaksimal mungkin melakukan promosi ke sekolah-sekolah, mudah-mudahan kedepannya wahana bisa bertambah, sehingga pengunjung yang datang tidak bosan karena wahana yang itu-itu saja,”ujar Yanto.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang