IMG-20160917-WA0001-225x300 PENDIDIKAN  Ratusan Anggota PMR dan KSR Kabupaten Garut Peringati HUT PMI Ke 71

Sejumlah anggota PMR saat mendemotrasikan kemampuannya dalam melakukan kegiatan kemanusiaan, foto dok

Gapura Garut ,- Memperingati Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia (PMI) Ke 71 Tahun 2016 tingkat Kabupaten, ratusan anggota Palang Merah Remaja (PMR) perwakilan dari berbagai sekolah baik SMP maupun SMA dan SMK di Garut serta para anggota Korp Sukarela (KSR)  dari beberapa perguruan tinggi sepeti Uniga, STTG, Stikes Karsa Husada larut dalam kegiatan tersebut.

Meski diguyur hujan acara yang dipusatkan di Markas PMI Kabupaten Garut Jalan Proklamasi No 3, Kecamatan Tarogong Kidul Garut, tetap mendapakan antusias dari para pesertanya, Sabtu (17/9/2016).

Agus Heryanto Ketua panitia pelaksana menyebutkan  pembinaan generasi muda PMI akan terus dilakukan dengan berbagai upaya yang maksimal dimana generasi muda merupakan agen perubahan dimasa yang akan datang.

“Pengembangan relawan melalui  kegiatan KSR maupun PMR merupakan prioritas  yang akan terus dilakukan sesuai amanat pendahulu kita dalam menggeloraka semangat kemanusian pada waktu mendirikan Organisasi PMI Pusat pada tanggal 17 September 1945,” Kata Agus ditemui disela-sela kegiatan tersebut.

Menurutnya, Ketua Pertama PMI Pusat adalah H. Muhamad Hata yang semangatnya hingga saat ini terus bergelora dan secara turun temurun dipelihara dan terus dikembangkan dalam berbagai bentuk kegiatan kemauniasaan saat ini.

“Kami mengadakan Lomba Keterampilan bagi anggota PMR dan lomba tandu, lomba membuat poster kemanusian serta membuat cerita pendek tentang kemanusiaan sambil mensukseskan  bulan dana PMI Tahun 2016 dengan target mengumpulkan dana sebesar  Rp. 350 juta,”Ungkapnya.

Kegiatan lainnya lanjut Agus adalah  jalan sehat keluarga, donor darah dan sejumlah acara sosial lainnya yang melibatkan banyak warga masyarakat di Kabupaten Garut.

Sementara itu H. Budiman Ketua PMI Kabupaten Garut dalam sambutannya  menyampaikan berbagai  upaya  pengurangan resiko bencana alam yang berbasis masyarakat harus menjadi agenda prioritas dengan melatih para relawan PMI yang berdaya guna.

“Kepentingan lainnya dalah kita akan terus berupaya memenuhi ketersedian darah melalui Unit Transfusi Darah dalam rangka membantu pemerintah memenuhi kebuuhan darah warga masyarakat ,” Ungkap Budiman.

Ia menyebutkan dalam memenuhi ketersediaan darah PMI diharapkan segera  dapat mandiri dalam mengurus transfusi darah sesuai kebutuhan yang ada selama ini.

“Saya menyampaikan rasa terima kasih kepada para pembina PMR, KSR yang telah meluangkan waktunya untuk membina para anggota PMR dan KSR,”Imbuh Budiman mengakhiri sambutannya.

Rangkaian acara upacara peringatan HUT PMI tersebut ditutup dengan penyerahan piaga penghargaan kepada sejumlah sekolah Menengah serta Perguruan Tiggi yang dinilai selama ini telah terus berupaya menggelorakan semangat kemanusiaan.***TGM

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang