IMG-20170227--169x300 PENDIDIKAN  Uji Kompetensi SMK Bina Taruna Purwakarta Libatkan Perusahaan Besar

Salah satu Siswa SMK Bina Taruna saat mengikuti Ujikom, foto Deni

Gapura Purwakarta ,- Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Taruna (Bintar) Purwakarta H Rd Us us Kusumanagara mengatakan, dengan melibatkan perusahaan besar sebagai tim asesor pada saat uji kompetensi (ujikom), khususnya pada sesi wawancara dan presentasi, maka akan membuat siswa lebih percaya diri.
“Pasalnya, saat dinyatakan lulus maka siswa akan memegang sertifikat dari perusahaan tim asesor yang mengujinya itu. Ada pun pada ujikom kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) ini kami melibatkan tim asesor dari Daihatsu yang merupakan salah satu perusahan otomotif terbesar,” kata Us us saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/2/2017).
Dijelaskannya, dengan bersertifikat dari Daihatsu maka lulusan Bintar akan semakin percaya diri. “Sertifikasi ini dapat menunjang lulusan Bintar untuk bekerja di berbagai perusahaan. Peluang anak diterima di dunia kerja pun menjadi lebih besar,” ujarnya.
Dikatakannya, sejak dulu pihaknya sudah melakukan berbagai kerjasama dengan beberapa perusahaan besar. “Dulu kami pernah melibatkan Perusahaan besar di Purwakarta seperti Perusahaan Textile dan perusahaan Otomotif, yakni dari PT Texmaco, PT Indorama Tbk, PT Indo Bharat Rayon Tbk, PT Hino, PT Nissan Motors, dan Kementrian Perusahaan Umum (PU) Bina Marga, pada beberapa ujikom. Ada pun bila kerjasama dengan Daihatsu bisa lebih intens maka itu akan memberikan banyak manfaat lebih baik lagi,” kata dia.
Dirinya juga berharap anak didiknya itu bisa direkrut perusahaan yang mengujinya itu. “Ini peluangnya besar direkrut (Daihatsu) yang showroom dan bengkelnya tersebar di seluruh Indonesia,” ujarnya.
Bintar sendiri memiliki empat jurusan, yakni Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Pengerjaan Logam (TPL), dan Elektronik Industri.
“Sama seperti TKR, kami juga melibatkan perusahaan-perusahaan besar di Purwakarta pada saat ujikom,” Pungkas Us us Kusumanagara.***Deni

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang