IMG20170406095127-300x225 PENDIDIKAN  Syakur Amin: Uniga Buka Prodi Pariwisata Karena Garut Memiliki Keunggulan Potensi Wisata

Abdus Syakur Amin, Rektor Universitas Garut (Uniga) foto jmb

Gapura Garut ,- Rektor Universitas Garut (Uniga)  Abdusy Syakur Amien menyebutkan pihaknya membuka program pendidikan Pariwisata di Uniga karena salah satu alasannya potensi sektor pariwisata Kabupaten Garut sangat menjanjikan.

“Kita memiliki data-data terkait bagaimana industri pariwisata dikembangkan dinegara-negara luar yang kini cukup maju bidang pariwisatanya,”Kata Syakur saat berdiskusi terkait pembukaan prodi Paiwisata di Uniga, Rabu (19/4/2017).

Menurutnya, dalam Global Competitiveness index salah satunya adalah kebutuuhan dasar atau basic requirements ada empat pilar yang sangat mendasar dan harus dipenuhi,  masing-masing pilar itu pertama adalah institutions ; pilar kedua Infrastructure ; pilar ketiga Macroeconomic environment ; serta pilar keempat adalah Helath and Primary eduction

“Untuk memiliki daya saing global memang ada empat pilar itu yakni lembaga, infrastruktur , makro ekonomi lingkungan hidup, kesehatan dan pendidikan,”ucapnya.

Dalam konteks pengembangan potensi pariwasata, lanjut Syakur Uniga sebagai lembaga pendidikan tentu saja berkewajiban memperhatikan institusi serta mempola sumberdaya manusia dalam bidang pariwisata sehingga mampu bersaing secara global.

“Melalui Prodi Pariwisata kita akan menciptakan Sumber Daya manusia yang siap bersaing dalam mengelola potensi-potensi wisata yang ada berupa destinasi wisata unggulan sehingga mampu berkembang dan maju,”Tuturnya.

Syakur menambahkan terkait dengan infrastruktur tentu saja pemerintah setempat yang memiliki kewenangan untuk melakukan penataan serta mengalokasikan anggaran perbaikan infrastruktur pariwisata dan penunjang lainnya sehingga benar-benar memiliki daya saing secara global.

“Pariwisata itu kan harus nyaman, aman, tertib dan membuat betah siapapun pengunjungnya sehingga berpengaruh pada lamanya tinggal para wisatawan. Dengan demikian mereka akan semakin besar membelanjakan uangnya melalui kegiatan wisiatanya itu,”Paparnya.

Pembukaan Prodi Pariwisata itu kata Syakur,  akan mulai dibuka pada tahun ini karena pengajuan sejumlah prodi lainnya terasuk Prodi Pariwisata perizinannya telah disetujui dan dikeluarkan pihak terkait sehingga dapat langsung beroprasi.

“Kita akan segera berpromosi terkait pembukaan prodi pariwisata ini, mudah mudahan dapat diterima dan bermanfaat bagi para calon mahasiswa peminat prodi itu,”Pungkasnya.***TGM

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang