img-20180721-wa0003592046866 PENDIDIKAN  SMPN 2 Banjar Gelat MPLS Bagi Siswa Baru

Gapura Garut , – Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dan Ekstrakurikuler tingkat SMP dimulai sejak seminggu yang lalu. Beberapa sekolah tentunya mengemas kegiatan rutin seperti ini dengan cara yang berbeda-beda.

Salah satunya seperti yang dilakukan SMP Negeri 2 Banjar. Sekolah SMP favorit di Kota Banjar tersebut selama satu minggu ke belakang melakukan kegiatan sosialisasi, permainan, dan berbagai atraksi ekstrakurikuler.

Selain itu, SMP N 2 Banjar yang beralamat di jalan Pegadaian ini pun dalam melakukan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dan Ekstrakurikuler, juga selalu melakukan kegiatan kerohanian terhadap seluruh siswa dan peserta didik barunya selama kegiatan PLS berlangsung.

Kepala Sekolah SMP N 2 Banjar, Aa Hasan melalui Wakasek Bidang Kesiswaan yang juga pembina Pramuka, Rahmat mengatakan, bahwa pengenalan lingkungan sekolah yang diberikan kepada peserta didik baru ini oleh pihak sekolah meliputi visi, misi, tujuan, tata tertib sekolah, dan sarana sekolah. Selain itu, siswa baru pun diberikan informasi tentang kurikulum, kegiatan belajar mengajar (KBM), dan ekstrakurikuler yang ada di sekolah tersebut.

“Kegiatan PLS ini digelar selama satu minggu yakni mulai tanggal 17 hingga 21 Juli 2018, hari Senin sampai Rabu pengenalan lingkungan sekolah dan hari Kamis sampai Sabtu pengenalan ekstrakurikuler,” ujar Rahmat, Sabtu (21/7/2018).

Rahmat menambahkan, seluruh rangkaian kegiatan PLS dan pengenalan ekstrakurikuler ini dikelola oleh panitia yang dibentuk dari dewan guru, sedangkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Pramuka bertugas membantu jalannya acara.

“Di sini, OSIS mempunyai peran apabila para peserta didik baru sudah mulai jenuh. Mereka akan memberikan selingan melalui permainan yang sudah mereka rancang sebelumnya,” imbuhnya.

Pada Jum’at (20/7/2018) malam melalui bidang Pramuka, di SMP N 2 Banjar ini pun menggelar atraksi ekstrakurikuler yang masih dalam rangkaian susunan acara PLS. Kegiatan ini sekaligus merupakan ajang promosi bagi wadah ekstrakurikuler, sehingga dalam hal ini dapat menarik minat peserta didik yang baru.

Ekstrakurikuler yang ada di SMP N 2 Banjar ini meliputi Pramuka, Paskibra, Palang Merah Remaja (PMR), dan pencak silat Perisai Diri (PD). Seluruh ekstrakurikuler ini pun telah banyak mengenyam prestasi baik ditingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, dan hingga tingkat Nasional.

“Dengan pengenalan ekstrakurikuler ini, saya berharap para peserta didik baru berminat dan mengikuti salah satunya. Sehingga dalam hal ini siswa tidak menjadi “odong-odong” yang artinya ke sini tidak ikut, ke sana pun tidak ikut,” pungkasnya sambil tertawa.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang