POTO-PADI-KENA-HAMA-300x225 PERISTIWA  Ratusan Petani Leles Gagal Panen

H. Dani Ketua Gapoktan Desa Lembang Kecamatan Leles Kab. Garut.

Gapura, Sekitar lima puluh hektar sawah yang ada di  Desa Lembang Kecamatan Leles Kabupaten Garut  Jawa Barat rusak parah di serang hama wereng,  akibatnya sejumlah Petani didaerah tersebut mengalami gagal panen. Menurut H. Dani KetuaGabungan Kelompok Tani (Gapoktan) setempat, hama wereng awalnya hanya menyerang satu dua kotak sawah, namun dengan cepat menyerang areal sawah lainnya.”kami para petani disini mengalami gagal panen akibat hama wereng tersebut selama hampir tiga musim”.ungkapnya. 

Lebih lanjut Dani  mengatakan para petani  mengalami kerugian  hingga ratusan juta rupiah.”kami akhirnya membiarkan  areal pesawahab gambrung , selain tidak punya modal untuk kembali melakukan pengolahan sawah , juga  belum tahu caranya untuk mengantisipasi serangan hama wereng yang meraja lela”. paparnya

Dani dan sejumlah petani setempat berharap, agar Dinas terkait memberikan penyuluhan atau apapun bentyuknya kepada para petani agar dapat  mengantisipasi serangan  hama wereng. Selain itu para petani juga membutuhkan adanya bantuan benih serta  obat-obatan secara gratis untuk seluruh petani  yang menderita gagal panen .

“Jangan  sampai seperti bantuan benih jagung yang lalu, harus di tebus seharga tiga juta, akibatnya para para petani yang hendak  menaman jagung juga  harus mengurungkan niatnya karena diminta uang sebesar itu”. tegasnya. 

Para petani juga berharap kepada Bupati Garut yang baru H Rudi Gunawan  dan  jajarannya dapat  melihatnya secara langsung ke Desa merek, karena banyak  keluhan- keluhan  petani  yang ingin  di sampaikan ke pada Bupati.***Kus  

 

 

 

 

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang