depan-210x300 PARIWISATA BUDAYA PERISTIWA  Asean Youth Center di Gagas Pemuda Panawuan Garut

Gapura,- Sebuah gagasan yang patut diacungi jempol yang telah dilakukan sekelompok pemuda dikampung panawuan kelurahan Sukajaya, kecamatan Tarogong Kidul Garut. Mereka menggagas berdirinya Asean Youth Center yang diharapkan akan mampu menjawab datangnya  Asean Single Community 2015 yang  akan dimulai pada  tahun depan.

Dalam kerangka ini, Masyarakat desa juga dituntut untuk siap menghadapi keadaan atau hal tersebut. Oleh karenanya, Asean Youth Center didirikan di Kampung Panawuan, Garut. Dengan tagline “Dari Desa untuk Masyarakat Asean,” diharapkan Asean Youth Center bisa membentuk masyarakat desa berdaya unggul dan berwawasan global. Demikian sebagian penjelasan yang redaksi gapura terima dari realeas yang disebarkan Asean Youth Center.

Masih dalam realeasnya  Program Officer Asean Youth Center Maharddhika  mengatakan  Asean Youth Center akan menjadi akses pendidikan nonformal pada pengetahuan secara umum dan khususnya informasi Asean. Tempat ini juga terbuka untuk komunitas-komunitas dalam berkegiatan dan menyusun program kolaborasi.  Kami bercita-cita menjadikan tempat ini sebuah melting pot bagi orang-orang untuk saling berinteraksi dan menyuarakan ide. Ide tersebut akan didorong menjadi sebuah program nyata pemberdayaan yang manfaatnya harus bisa langsung dirasakan oleh masyarakat dan mengakselerasi taraf hidupnya,” ujarnya.

Sementara itu menurut Yusran Hanif, Program Manager Asean Youth Center , Pendirian Asean Youth Center ini sangat strategis, dan representative sebab Panawuan semakin berpotensi menjadi wahana strategis diplomasi publik dan kenegaraan, dengan makin seringnya berbagai kegiatan kepemudaan dari berbagai negara yang digelar selama ini.

“Dalam enam tahun terakhir, Kampung Panawuan kian menjadi pusat perhatian berbagai kalangan masyarakat lokal, nasional, bahkan internasional. Hal itu ditandai dengan terpilihanya Panawuan menjadi tuan rumah International Youth Forum pada 2008 yang diikuti 250 pemuda pemudi dari 32 negara. Kemudian terdapat pula helatan akbar, “Walk the Peace” (10 negara), “Action for life” (delapan negara), serta kunjungan “Daegu University Korea”.paparnya.

Asean Youth Center sendiri  akan diluncurkan atau dilounching pada hari Minggu (1/6/2014) di Kampung Panawuan, Kelurahan Sukajaya, Tarogong Kidul, Garut. Peluncuran dijadwalkan akan dihadiri Bupati  Garut Rudy Gunawan dan Wakil Bupati  Garut Helmi Budiman.

Selain unsur Pemerintah daerah, peluncuran Asean Youth Center ini juga akan dihadiri perwakilan Kementerian pemuda dan Olahraga, serta Kedutaan Besar Negara-negara se-Asean.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang