Tampilan Mobile

Muhammadiyah Mulai Berpuasa, Umat Islam Lainnya Mulai Hari Ahad Besok

BANNER-RANADHAN-2 INFO RAMADHAN PERISTIWA  Muhammadiyah Mulai Berpuasa, Umat Islam Lainnya Mulai Hari Ahad Besok

Gapura Garut ,- Pemerintah melalui Kementrian Agama RI telah mengumumkan penetapan awal Ramadhan 1435 Hijriah jatuh pada Ahad, 29 Juni 2014. Keputusan itu diambil setelah seluruh organisasi kemasyarakatan Islam mengikuti sidang itsbat yang digelar Kementerian Agama di Jakarta, Jumat (27/6/2014)petang kemarin.

Penetapan hasil sidang itsbat yang digelar pemerintah tersebut, kembali berbeda dengan ormas Muhammadiyah yang menetepakan awal Ramadhan jatuh pada hari Sabtu 28 Juni 2014.

Atas perbedaan tersebut, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan pemerintah memberi kebebasan bagi umat Islam yang menjalani puasa lebih cepat dari ketetapan hasil sidang itsbat.

“Pemerintah menetapkan awal Ramadhan pada 29 Juni 2014, Ahad (Minggu),” kata Lukman Hakim di depan sejumlah media massa yang memenuhi lobi kantor kementerian tersebut.

Pemerintah memberi kebebasan atas perbedaan tersebut karena menurut dia, hal tersebut menyangkut wilayah keyakinan. Pemerintah telah berupaya memberi arahan kapan seharusnya puasa tersebut dapat dilaksanakan oleh umat Islam dengan baik.

Berdasarkan penetapan tersebut, umat Islam Indonesia kecuali anggota ormas Muhammadiyah akan mulai melaksanakan ibadah sholat tarawih pada sabtu malam (28/6/2014) dan berpuasa pada hari ahadnya.

Sementara itu, warga Muhammadiyah di Garut, Jawa Barat dalam pemantauan jumat malam tadi, serentak melakukan shalat Tarawih diseluruh mesjid milik jamaah Muhammadiyah yang tersebar disejumlah wilayah Kabupaten Garut.

Warga Muhammadiyah juga memastikan telah mengawali berpuasa pada hari sabtu ini (28/6/2014)***GPR

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang

Berita lainnya

SOSIAL POLITIK

Rani Diky Chandra Dapat Tawaran Bappilu Partai Nasdem Garut

SOSIAL POLITIK

Rani Diky Chandra Semangati Gadis Penderita Kanker Payudara

HUKUM & KRIMINAL

Polsek Garut Kota Garuk Belasan Preman Jalanan Pusat Kota

SOSIAL POLITIK

Rani Diky Chandra Pastikan Bocah Penjual Kerupuk Sudah Kembali Sekolah