ciamis_acep-budiawan_Kuliner-Khas-Pangandara-001_0001-300x225 PARIWISATA BUDAYA PERISTIWA  Pangandaran Gelar Festival Kuliner Pegunungan

Gapura Pangandaran,- Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, menggelar pestival kuliner tradisional yang dikemas unik dan menarik. Selain makanan yang disuguhkan merupakanan jenis makanan yang sudah langka karena jarang diolah warga, juga kemasan dari festival kuliner tersebut mengambil tempat ditengah hamparan sawah.

Festivak makanan yang diberi nama festival kuliner pegunungan tersebut digelar Selasa (26/8/2014) didesa Selasari, kecamatan parigi Kabupaten Pangandaran.

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran Hj. Neneng Heni Nafandi, pihaknya sengaja menggelar kegiatan Helaran festival kuliner pegunaungan ini dengan harapan dapat tetap menumbuhkan rasa gotong royong yang kini sudah hampir pudar.

“Sawah ini sejak dulu telah menjadi symbol dari masyarakat kita dalam bekerja dan bersama-sama termasuk budaya gotong royong seringkali terlihat disawah, makanya kami menggelar event ini juga ditengah hamparan sawah ini juga terlihat alami”. Ungkapnya.

Neneng menambahkan, dengan helaran tersebut dirinya yakin masyarakat akan kembali semangat untuk menjaga dan melestarikan apapun kekhasan daerah yang dimilikinya termasuk berbagai jenis makanan ini.

“banyak sekali ciri khas makanan tradisional asli yang kita miliki terutama yang khas daerah pegunungan, namun seiring waktu kini semakin langka karena memang bahan baku-nya juga berasal dari tumbuh tumbuhan dan buah-buahan khas yang ditanam di tanah pangandaran ini”. Paparnya.

Kegiatan festivak kuliner unik tersebut baru pertama kalinya diselenggarakan semenjak Pangandaran menjadi Daerah otonom berpisah dari Kabupaten Ciamis.***Acep Budiawan

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang