copet-018_0001-300x240 HUKUM & KRIMINAL PERISTIWA  Nekat Mencopet Calon Jemaah Haji, Seorang Pria Asala Cirebon Nyaris Diamuk Massa

Tersangka Pelaku pencopetan calon jemaah haji saat diamankan Petugas kedalam mobil Polisi. Selasa (2/9/2014). poto jmb.

Gapura Garut,- Seorang pria bernama Samsul Hadi(45) warga asala Cirebon nyaris jadi bulan-bulanan massa saat kepergok mencopet tas salah seorang jamaah haji pada pemberangkalatan jemaah haji kloter pertama asal Garut pada pelepasan di Halaman Gedung Pendopo Kabupaten Garut, Selasa (2/9/2014).

Menurut sejumlah saksi mata, pria tersebut menyelusup dikerumunan diantara warga dan berpura-pura mengantarkan jemaah haji.

“Sejak awal pria itu sudah mencurigakan karena terus menyelusup masuk dikerumunan jamaah haji, seolah-oleh mengantar salah satu jemaah tidak tahunya mengincar dompet dan barang berharga bawaan para jemaah”. Kata Agung salah seorang saksi dilokasi Kejadian.

Menurutnya, pria tersebut sempat hendak  berlari untuk kabur setelah berhasil menggasak isi tas salah seorang korbannya.

“berungtung keburu ada yang mengetahui dan meneriaki copet terhadap pelaku dan masapun yang melihatnya segera mengejarnya, beruntung ada sejumlah petugas kepolisian dan langsung mengamankannya dari amukan warga”. ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang keluarga calon jamaah haji korban pencopetan bernama Hj. Imas Dedeh (22) warga kampung pasanggrahan Kecamatan Cilawu Garut, mengatakan yang menjadi korban pencopetan adalah adikya bernama Khusnul khotimah (19) calon jemaah haji keloter pertama dari Garut.

“Adik saya tidak menyadari tiba-tiba tas berisi pasport dan dompet sudah terbuka pas mau naik ke bis tadi, ternyata beberapa isinya terdiri dari dompet, Hp jenis blackbarry sudah raib”. Jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan, Hj. Dede (38) salah seorang keluarga jemaah haji asal kecamatan Malangbong Garut, yang menjadi korban pencopetan, dirinya baru menyadari telah kecopetan saat hendak membuka tas, dan tersadar setelah isi tasnya hilang.

” yang hilang dompet berisi uang tunai 2 juta, serta surat-surat penting berikut beberapa kartu ATM”. jelasnya.

Petugas kepolisian dari Polsek Sektor Garut Kota, akhirnya menangkap dan mengamankan tersangka pelaku bersama sejumlah barang bukti dari tangan tersangka.

“setelah menerima laporan dari para korban kami mengamankan tersangka pelaku berikut barang bukti berupa dua buah handphone, uang tunai serta satu buah dompet, kini kami juga masih menunggu laporan lainnya dari para korban”. Kata Kompol Junaedi Umar Kapolsek Garut Kota Selasa (1/9/2014).

Junaedi menambahkan, pelaku melakukan aksi pencopetan dengan modus berpura-pura sebagai pengantar jemaah haji.

“setalah kami amankan dan dilakukan introgasi, pelaku mengakui berasal dari cirebon dan sengaja datang untuk melakukan pencopetan bersama empat orang rekannya yang lain, mereka datang melalui terminal Guntur Garut”. Ungkapnya.

untuk mempertangung jawabkan perbuatannya, tersangka kini mendekam disel tahanan Mapolsek Garut Kota, sementara polisi masih terus melakukan pengembangan untuk membekut komplotan tersangka yang lainnya.***jmb

Liputan GapuraTV

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang