17713trans-ilustrasi-300x156 PERISTIWA SOSIAL POLITIK  Garut Hanya Berangkatkan Transmigran Terlatih dan Berketerampilan Khusus

Gapura Garut ,- Pemerintak Kabupaten Garut memastikan akan mengirim warganya yang bersedia pergi menjadi Transmigran ke beberapa wiayah di Luar Jawa, untuk memberikan peluang bagi warga Garut yang ingin memiliki lahan garapan yang luas.

“Transmigrasi ini program pemerintah yang ditawarkan bagi seluruh masyarakat untuk menentukan pilihan jika memang menginginkan adanya lahan garapan untuk meingkatkan kesejahteraan mereka, termasuk bagi warga Garut yang bersedia berangkat bertransmigrasi akan kita berangkatkan”. Kata Bupati Garut Rudy Gunawan, Sabtu (6/9/2014).

Menurutnya dalam program ini pemerintak Kabupaten Garut hanya bersifat menawarkan dan tidak memaksa warganya untuk pergi transmigrasi, karena program ini adalah pilihan semuanya tergantung dari warganya sendiri.

“pemerintah tidak memaksa hanya menawarkan pilihan, karena kebetulan di Garut ini tidak ada lagi pendistribusian lahan, sehingga sulit bagi yang tidak memiliki kemampuan untuk memiliki lahan garapan, tetapi juga bukan berarti di Garut sudah sempit sehingga warganya ditransmigrasikan”. Paparnya.

Rudy menambahkan sejauh ini, program transmigrasi hanya ditawarkan bagi warga yang tidak memiliki pekerjaan tetap kemudian tidak memiliki lahan untuk garapan.

“untuk program ini, kita telah memastikan lokasi dan daerah untuk dijadikan tempat transmigrasi warga kita, pak wakil Bupati telah melakukan pendalaman tentang itu bersama dari kementrian”. Imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, memastikan yang diberangkatkan ke lokasi transmigrasi juga tetap diprioritaskan yang memiliki kemampuan dan keterampilan khusus dan memenuhi persyaratan yang ditentukan kementrian.

“kita juga akan latih terlebih dahulu bagi warga yang telah menyatakan siap bertransmigrasi, jadi tidak asal memberangkatkan semuanya benar-benar terancana dan dipersiapkan dengan matang”. ucapnya.

Helmi menambahkan, dalam hal pemberangkatan calon transmigran tidak ada kuota ataupun batasan jumlah yang akan diberangkatkan, melainkan semuanya antar daerah pengirim berlomba karena harus memenuhi dahulu persyaratan yang telah ditentukan.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang