DSC_0034-300x198 PERISTIWA USAHA & PRODUK  Dosen Unpad : Inti Dari Bisnis Online Adalah Promosinya

Suasana pelatihan Bisnis online yang digelar Disperindagpas kabupaten Garut di LEC, Sabtu (20/12/2014) foto jmb

Gapura Garut, Menjalankan bisnis online ternyata gampang-gampang susah, terutama bagi kalangan pengusaha pemula yang baru saja mengenal media online atau internet. Dalam pelatihan Bisnis Online yang digelar Dinas Perindustrian, Perdagangan dan pengelolaan Pasar (Disperindagpas) Kabupaten Garut terungkap bahwa bisnis online kini mulai dilirik kalangan pengusaha kecil menegah di Garut.

Antusiasme para pengusaha kecil dan menengah yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut terlihat sangat besar meski rata-rata dari para pengusaha yang menjadi peserta tersebut masih mengaku awam dalam bidang bisnis onlone untuk memasarkan produk-produknya.

Menurut Adhi Prapaskah Hartadi salah seorang Dosen Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang juga Instruktur Pelatihan Bisnis Online, mengatakan inti dari bisnis onlaine adalah promisinya bukan pada besaran omset yang laku terjual dalam bisnis online tersebut.

“Intinya kan pada promosinya, tentang bagaimana penggunaaan media-media sosial untuk mengkomunikansikan produk-produk yang kita milik”, Kata Adhi disela-sela penyampaian materi pelatihandi aula LEC Garut, Sabtu (20/12/2014).

Adhi menegaskan sisi lebih dari bisnis online mengedepankan sisi  ekonomic of sale dan economic quantity, dimana saat ini bagimana mengejar jumlah dulu karena problemnya di Indonesia secara umum agak susah mengedukasi orang agar produknya bagus.

“paling tidak kita memiliki produk yang murah dulu artinya bagaimana kita memiliki produk berbiaya murah namun tetap berkualitas baru setelah berhasil suvive dapat menjangkau segmen-segmen yang ada diatasnya”. Ungkapnya.

Adhi juga menambahkan, kekuatan bisnis online hingga beberapa jauh kedepan diperkirakan masih yang paling efektif karena sejauh ini belum ada tanda-tanda ada teknologi lainnya selain kekuatan internet saat ini.

“Berpromosi online saat ini dalah menjadi keharusan dimana mau gak mau suka gak suka saat ini yang sedang menjadi trend adalah bisnis online atau promosi online itu sendiri,”Pungkasnya.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang