received_750913324958281-300x255 PERISTIWA  Jalur Garut- Tasik Via Singajaya Amblas

foto Istimewa

Gapura Garut ,- Jalan penghubung Garut-Tasikmalaya via Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat kini terputus, akibatnya sejumlah kendaraan yang biasa melintasi jalur tersebut terpaksa terhenti. Penyebabnya, jalur yang terletak di Desa Sukawangi, Kecamatan Singajaya itu ambles sedalam 60 meter dan lebar enam meter setelah sebelumnya diguyur hujan deras.

Amblasnya jalan penghubung tersebut terjadi bersamaan pada saat hujan deras mengguyur sejumlah wilayah di Garut pada Selasa 23 Desember 2014 lalu. Kepala Bagian Informatika Setda Kabupaten Garut Basuki Eko mengatakan, jalur itu ambles karena ada pergerakan tanah akibat tingginya curah hujan.

“Bila di beberapa wilayah Garut yang lain pada Selasa itu ada ancaman longsor, banjir bandang, dan juga tanah ambles di Kecamatan Cibalong, di Kecamatan Singajaya juga terjadi bencana. Jalur satu-satunya menuju Tasikmalaya yang kondisinya diaspal juga ambles,” kata Eko, Rabu (24/12/2012).

Meski demikian, Eko mengaku masih ada jalur lain yang bisa dipakai. Namun kondisinya tidak sebaik dengan jalur ini.

“Masih ada jalur lain. Tapi lebih kecil dan tidak beraspal. Tidak disarankan untuk dilintasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Binamarga Kabupaten Garut, Eded Komara Nugraha, mengatakan pihaknya telah menerjunkan tim ke lokasi jalur ambles tersebut.

“Saya sudah mengirimkan tim untuk memeriksa dan meninjau lokasi jalan ambles. Kami masih menunggu laporan terkait apa saja langkah penanganan selanjutnya. Namun memang ada pergerakan tanah akibat tingginya curah hujan di jalur itu,” Paparnya.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang