qp-300x250 PERISTIWA  Tanggul Jebol, Ribuan Hektar Areal Pesawahan Terancam Kekeringan

Gapura Kota Banjar ,– Tanggul saluran irigasi air yang berada tepat di Dusun Sampih RT 05 RW 07 Desa Rejasari Kecamatan Langensari Sabtu malam (23/5/2015) sekitar pukul 23.45 jebol. Jebolnya tanggul tersebut mengakibatkan saluran irigasi menjadi kering.

Badan tanggul yang hancur diperkirakan sepenjang 7 meter. Beberapa pekerja kini tengah memperkuat tanah yang bakal dijadikan sebagai pondasi tanggul dan badan jalan. Sementara, di jalan sebelah timur ditutup menggunakan beberapa kayu.

“Saya kaget ketika mendengar suara keras seperti ledakan, begitu keluar rumah, air irigasi sudah membanjiri halaman rumah,”Kata Warjo salah seorang warga setempat, Senin (25/5/2015).

Warjo menambahkan, setelah melihat tanggul jebol ia pun langsung menutup pintu irigasi yang tidak jauh dari lokasi. Sebelum kejadian menurutnya air didalam irigasi tersebut penuh. Diapun langsung menutup akses jalan yang berada disamping saluran irigasi itu karena terputus tidak kuat menahan derasnya air.

Sementara itu, ketua kelompok perkumpulan petani pemakai air (P3A) Mitra Cai, Sampih Madliyas mengatakan, dirinya sempat tidak percaya dengan adanya informasi tanggul irigasi jebol. Tidak berselang lama, warga melaporkan hal tersebut kepada dirinya.

“Pertamanya saya tidak percaya, begitu ada warga yang laporan, saya menjadi percaya dan langsung menuju lokasi kejadian,”ungkapnya.

Ia menabahkan, setelah mengetahui tanggul jebol, dirinya pun melaporkan hal ini kepada PPA dibagian hulu untuk segera menutup pintu air.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang